Persepsi Petani Ubi Kayu Terhadap Kemitraan Dengan PT. CAM di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

  • Randi Permana UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muhammad Aswar Limi Universitas Halu Oleo
  • Fahria Nadiryati Sadimantara Universitas Halu Oleo
Keywords: kemitraan, Persepsi, PT. CAM, Ubi Kayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Petani Ubi Kayu Terhadap Kemitraan Dengan PT. CAM di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan, serta Mengetahui Persepsi Petani Yang Belum Menjalin Hubungan Kemitraan Dengan PT. CAM Di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Untuk menentukan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling.. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang petani, yang terdiri dari dari 30  petani ubi kayu yang melakukan kemitraan dengan PT. CAM dan 30 petani yang belum menjalin kemitraan.Hasil penelitian ini di bagi dalam 2 kelompok yaitu persepsi mengenai petani yang bermitra dengan PT. CAM dan persepsi petani yang belum bermitra. Petani yang bermitra yaitu tingkat Keuntungan Relatif dengan klasifikasi tinggi 80%, tingkat kesesuaian dengan klasifikasi tinggi 73%, tingkat kerumitan dengan klasifikasi tinggi 70%, dan tingkat manfaat social dan ekonomi kemitraan dengan klasifikasi Tinggi 77%. Sedangkan petani yang belum bermitra memiliki pernyataan yaitu tingkat keuntungan relative dengan klasifikasi sedang 67%, tingkat Kesesuaian dengan klasifikasi tinggi 70%, tingkat kerumitan dengan klasifikasi tinggi 57%, dan tingkat manfaat social dan ekonomi kemitraan dengan klasifikasi Tinggi 70%.

 

Kata Kunci: Kemitraan, Persepsi, PT. CAM, Ubi Kayu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widyawati. 2017. Analisis Keterkaitan Sektor Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Indonesia (Analisis Input Output). Jurnal Economia. 13
Fauzy A (2019). Metode Sampling. Isfarudi, Et Al. Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan - 15418 Banten – Indonesia, Universitas Terbuka.
Rogers E.M.2003. Diffusion of innovasions, Third Edition. New York: The Free Press.
Published
2023-12-09
Abstract viewed = 20 times
pdf downloaded = 31 times