Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Sayuran Organik Di Kecamatan Marpoyan Damai (Studi Kasus Di Toko Farmers Market Living World)

  • Khristian Johanes Aritonang Universitas Lancang Kuning
  • Latifa Siswati universitas lancang kuning
  • Anto Ariyanto Universitas Lancang Kuning
Keywords: Keputusan pembelian, perilaku konsumen, sayur organik

Abstract

Pola hidup sehat akrab dengan produk pertanian dengan metode pertanian organik. Salah satu produk pertanian tersebut adalah produk sayuran organik. Tujuan penelitian ini adalah; mengetahui karakteristik konsumen sayur organik di toko Farmers Market, mengidentifikasi pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko Farmers Market, mengetahui perilaku konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko Farmers Market, mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan perilaku konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko Farmers Market. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling, jumlah responden yang diambil adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden pada 100 orang yang digunakan sebagai sampel dalam peneltian ini sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 69 responden, sebagian besar responden  yang membeli sayuran organik berusia kurang dari 30 tahun dan pekerjaan yang dimiliki responden dalam penelitian ini paling banyak memiliki pekerjaan pegawai wiraswasta yaitu sebanyak 27 orang. Keputusan pembelian terhadap pembelian sayuran organik di toko Farmers Market memiliki keputusan pembelian tingkat tinggi dengan rentang 68-84 yaitu pada indikator kebutuhan, keinginan, keptusan pembelian dan informasi. Perilaku konsumen terhadap pembelian sayuran organik di toko Farmers Market memilki perilaku tingkat sedang dengan rentang 52-68 yaitu pada indikator kepercayaan, promosi penjualan dan ketersediaan. Perilaku tingkat tinggi dengan rentang 68-84 yaitu pada indikator kualitas pelayanan, kebutuhan, budaya, kelas sosial, kepribadian, pendapatan dan ramah lingkungan. Hasil Chi Square yang dilakukan pada penelitian ini adalah Ha diterima seadangkan H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku konsumen dengan keputusan pembelian sayuran organik di toko Farmers Market di kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, M. A. (2022). TA: Strategi Bauran Pemasaran pada Usaha The Cik Barokah untuk Meningkatkan Penjualan. Doctoral dissertation, Universitas Dinamika. DOI: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6352/

Anggiasari, N, M., Yaktiworo, I., & Teguh. E. (2017). Sikap Dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Organic Oleh Konsumen Di Kota Bandar Lampung. Journal Of Agribusiness Science 4 April. DOI: file:///C:/Users/user/Downloads/1521-3947-1-SM.pdf

Astuti, E. P., Masyhuri, M., & Mulyo, J. H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 183–194. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18

Candraningrat, Yurisma, D. Y., & Mujanah, S. (2021). Pengembangan Strategi Bisnis Melalui BMC (Business Model Canvas) dan Strategi Pemasaran Bagi UMKM Sari Delight Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17–24. DOI: https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/34295

Charloq, & Mahyuni, E. L. (2020). The farmer empowerment to reduce the chemical risk poisoning through liquid organic fertilizers usage. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 342–349. DOI: https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v5i2.4890

Diwyarthi, et al., (2022). Perilaku Konsumen. Get Press.

Eny, R., Endang, S. R., & Heru, I. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Kota Surakarta. Agrista, 5(1), 25–35. DOI: https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/30948/20632

Fauzi, M. I. dan Yuliawati. (2020). Perilaku konsumen dalam membeli sayuran organik po sayur organik merbabu (studi kasus Yogyakarta). JEPA. 4(4) : 752-762. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.05

Herath, U. (2019). Consumer Behavior and Attitudes in Purchasing Vegetables. Agricultural Research & Technology: Open Access Journal, 20(2), 90–95. DOI: https://doi.org/10.19080/ARTOAJ.2019.20.556123

Ikmal Fauzi, M., & Yuliawati, Y. (2020). Prilaku Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik PO Sayur Organik Merbabu (Studi Kasus Yogayakarta). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.05

Jangkung, H, M. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 3(1), 183-194, 2020. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18
Pristina, W. (2018). Kualitas Dan Harga Sebagai Variable Terpenting Pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Bisnis Dan Manajemen 2(1), 17-28, 2018. DOI: https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.675

Raharjo, C. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 1(1), 33-17. DOI: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/106/99
Rasmikayati, E., I. Setiawan, & Saefudin. (2017). Kajian karakteristik, perilaku dan faktor pendorong petani muda terlibat dalam agribisnis pada era pasar global. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 3(2) : 134-149.

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis Faktor Dan Tingkat Kepuasan Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Pelayanan Pada Konsumen Sayuran Organik Di Lotte Mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351. DOI: https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.3219

Sugiyono. (2017). Metode penelitian managemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryakusuma, M. P. (2022). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Sayur Organik Pasar Modern Di Kota Malang. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang. DOI: https://eprints.umm.ac.id/87567/

Syahputra, B. S. A. (2022). Potensi POC Urin Kambing Dalam Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sayuran. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian. 25(1), 52–59.
DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fagrium.v25i1.10149

Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi Dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75. DOI: https://doi.org/10.31289/agr.v3i2.224
Vista, A. B. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Organik di Pasar Modern Kota Semarang. Doctoral Dissertation, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian. DOI: http://eprints.undip.ac.id/82061/

Widyastuti, P. (2018). Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2, 17–28. DOI: https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.675
Published
2023-12-09
Abstract viewed = 53 times
pdf downloaded = 64 times