Analisis Kelayakan Usaha Perencanaan Bisnis Mi Sagu Instan di Kabupaten Kepulauan Meranti

  • Widya Septyati Institut Pertanian Bogor
  • Azharuddin Universitas Islam Riau
  • Limetry Liana Universitas Islam Riau
Keywords: Mi sagu, kelayakan usaha, perencanaan bisnis

Abstract

Perencanaan bisnis mi sagu instan adalah suatu informasi mengenai mi instan berbasis sagu yang mana informasi ini nantinya dapat membantu pengambilan keputusan rencana bisnis yang cepat, tepat serta efisien. Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah yang paling banyak mengembangkan mi sagu untuk industri pangan berbasis sagu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis analisis kelayakan usaha perencanaan bisnis mi sagu instan. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai dari Juni 2019 – Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kriteria investasi. Hasil analisis kelayakan finansial menunjukan bahwa perencanaan bisnis mi sagu instan layak karena telah memenuhi 4 kriteria investasi dengan nilai NPV Rp. 692.327.247,31> 0, Net B/C 1,42> 1, IRR 99,51%, > tingkat suku bunga yang berlaku dengan payback period selama 2 tahun 1 bulan < proyeksi usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bintoro, M. H. 2013. Sagu, Mutiara Hijau Khatulistiwa Yang Dilupakan. Bogor: Digreat Publishing.
[2] Direktorat Jenderal Perkebunan. 2018. Statistik Sagu. Jakarta.
[3] Badan Pusat Statistik. 2017. Meranti dalam Angka. Kabupaten Meranti, Selat Panjang.
[4] Mukti, Tri. 2017. Analisis Kelayakan Usaha Agroindustri Mi Sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Islam Riau
[5] Nurmalina R, Sarianti T dan Karyadi A. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: IPB Press.
[6] Wibowo, A.I.M. 2011. Rencana Bisnis Industri Manisan Stroberi. Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Published
2023-12-09
Abstract viewed = 15 times
pdf downloaded = 41 times