SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN JERUK RGL DI KABUPATEN REJANG LEBONG – BENGKULU

  • Emlan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu
Keywords: Jeruk RGL, Saluran Pemasaran, margin pemasaran

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran jeruk RGL di Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang melibatkan 14 orang informan yang terdiri atas 10 orang petani jeruk dan 4 orang pedagang. Data yang dikumpulkan terdiri dari dikumpulkan dari pasar, mengumpulkan saluran dan pola pemasaran, biaya pemasaran, dan keuntungan pasar. Deskripti. Hasil penelitian menunjukkan fakta tentang saluran pemasaran jeruk di Kabupaten Rejang Lebong yang terbagi atas 6 pola. Semakin lama saluran pemasaran, semakin tinggi margin pemasaran yang menandakan pasar semakin tidak efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, A. Muani., dan A. Suyatno. 2012. Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Siam di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian 1(1):22-31.

Biro Perencanaan Kementan. 2018. Kebijakan Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani dan Wilayah Perbatasan. Makalah dipresentasikan pada Workshop dan Seminar Karya Ilmiah Badan Litbang Pertanian di Bogor, 6 November 2018.

Dahl, D.C. dan J.W. Hammond. 1977. Market and Price Analysis. The Agricultural Industries.Mc.Graw Hill. Book Company. USA.


Haryani, D. dan T. Mulyaqin. 2013. Kajian Analisis Margin Pemasaran dan Integrasi Pasar Gabah/Beras di Provinsi Banten. Buletin Ikatan 3(1):56-69.

Hidayat, MI, Suslinawati dan P. Andriani. 2016. Analisis Tataniaga Jeruk Siam Banjar (Citrus Reticulata) Di Desa Karang Buah Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala. Al Ulum Sains dan Teknologi 1(2):123-131.

Januwiata, IK., IK. Dunia, dan L. Indrayani. 2014. Analisis Saluran Pemasaran Usahatani Jeruk di Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4(1):1-12.

Koestiono, D. dan A. Agil. 2010. Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Manis.
Agrise 10(1):26-38.

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.

Lamb, C.W., J.F. Hair, dan C. McDaniel . 2001. Pemasaran Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Mandala, P., E. Maharani, dan D. Muwardi. 2016. Analisis Pemasaran Jeruk Siam di Desa Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. JOM Faperta 3(2):1-14.

Mikasari, W., T. Hidayat, dan L. Ivanti. 2015. Mutu Organoleptik dan Nilai Tambah Sari Buah Jeruk Rimau Gerga Lebong (Citrus nobilis sp.) Berbulir dengan Ekstraksi dan Penambahan Pewarna. Jurnal Agroindustri 5(2):75-84.

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian, Jakarta: LP3S.

Mutiara, F dan D.A. Nurhantanto. 2016. Efektivitas Jalur Distribusi Penjualan Jeruk Manis di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Buana Sains, 16(2):173-182.
Published
2019-12-15
Abstract viewed = 797 times
pdf downloaded = 1216 times