KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KEUNTUNGAN USAHATANI PADI DI KOTA DUMAI

  • Elinur Universitas Islam Riau
Keywords: Keunggulan Kompetitif, Policy Analysis Matrix, Usahatani Padi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan kompetitif dan keuntungan usahatani padi. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan di Kota Dumai Provinsi Riau. Metode analisis data yang digunakan adalah Matriks Analisis Kebijakan (PAM). Hasil penelitian menunjukkan Rasio Biaya Privat Usahatani Padi di Kota Dumai menguntungkan dan memiliki keunggulan kompetitif karena Rasio Biaya Privat lebih kecil dari satu. Produksi padi di Dumai memiliki daya saing Internasional yang didukung oleh Rasio Biaya Domestiksebesar 0,58. Hal ini berarti menguntungkan. Ini lebih menguntungkan jika diusahakan di dalam negeri. Usahatani padi di Kota Dumai menguntungkan dari aspek privat dan sosial, namun keuntungan sosial lebih besar dari nilai keuntungan privat. Hal ini berarti bahwa usahatani padi ini menguntungkan pada saat tidak ada intervensi dari Pemerintah baik dari sisi input maupun output. Nilai keuntungan finansial selain keuntungan ekonomi usahatani padi diatas adalah positif. Ini menunjukkan keunggulan usahatani padi ini memiliki keunggulan kompeetitif dan komparatif dalam menggunakan Sumber Daya Ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi., 2001, Ilmu Usahatani, Penebar Swadaya, Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2017. Dumai Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kota Dumai, Dumai.

Dewi, K. 2011, Dampak Kebijakan Subsidi Pupuk terhadap Keunggulan Kompetitif dan Keuntungan Usahatani Padi di Kabupaten Tabanan, Universitas Udayana, Bali.

Gustiyana, H. 2003, Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian, Salemba Empat, Jakarta.

Monke, E. A. and E. S. Pearson., 1989, The Policy Analysis Matrix for Agricultural Development, Cornel University Press, London.

Pearson, et.al., 2005, Aplikasi Policy Analysis Matrix pada Pertanian Indonesia, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Zulkifli Mantau, dkk., 2009, Analisis Daya Saing Usahatani Jagung di kabupaten Bolaang Mongondow Propinsi Sulawesi Utara, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Sulawesi Utara.
Published
2019-12-15
Abstract viewed = 319 times
pdf downloaded = 393 times