ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA PETANI SAYURAN DI KABUPATEN KAMPAR

  • Astri Universitas Riau
Keywords: Rumahtangga petani sayuran, pendapatan, jumlah anggota rumahtangga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang  mempengaruhi pola konsumsi pangan rumahtangga petani sayuran di Kabupaten Kampar. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara bertahap, kecamatan yang dipilih yaitu kecamatan Tambang, Tapung dan Siak Hulu dengan masing diwakili oleh tiga desa dari setiap kecamatan. Pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling sebanyak 90 rumahtangga petani sayuran. Analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis model multinomial logistik untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor terhadap pola konsumsi pangan rumahtangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor dominan yang mempengaruhi pola konsumsi pangan rumahtangga petani sayuran adalah pendapatan, jumlah anggota rumahtangga, investasi pendidikan, pengeluaran kesehatan, dan pengeluaran sandang dan papan. Faktor yang tidak mempengaruhi pola konsumsi pangan secara signifikan yaitu lama pendidikan dan jenis mata pencarian petani. Untuk meningkatkan kesejahteraan maka dilaksanakan pelatihan dan penyuluhan untuk membantu memperbaiki teknik budidaya sayuran, kebijakan Property Right, pelaksanaan penyuluhan Keluarga Berencana (KB), dan pelaksanaan penyuluhan gizi dan kualitas pangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2013. Sensus Pertanian 2013, Hasil Pencacahan Lengkap Kabupaten Kampar. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar, Bangkinang.

Badan Pusat Statistik. 2016. Kampar dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar, Bangkinang.

Buckle, K.A., R.A. Edwards, G.H. Fleet, dan M. Wootton. 2009. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press, Jakarta.

Ginting, X., Salmiah, dan Jufri. 2011. Analisis Tingkat Pendapatan Pola Konsumsi, dan Tingkat Penerimaan Petani Padi Sawah Varietas Lokal Ditinjau Dari Garis Kemiskinan. Journal Social Economic of Agriculture and Agribusiness 2 (3) : 1-10.

Heriyanto, H., 2016. Perilaku Konsumsi Pangan Sumber Karbohidrat Rumahtangga Petani Kelapa Sawit Di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.

Jurnal Ilmiah Pertanian, 13(1), pp.22-30.

Heriyanto, H., 2018. Permintaan Pangan Rumahtangga Provinsi Riau: Model Lin-

ear Approximate Almost Ideal Demand System. Jurnal Agribisnis, 20(2), pp.156-168.

Karolina, A., Djaimi Bakce, dan Jumatri Yusri. 2016. Analisis Pendapatan dan Pola Konsumsi Rumahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa. 3 (1) : 1-14.

Nicholson, W. 1991. Teori Ekonomi Mikro I. RajaGrafindo Persada, Jakarta. Ningsih, M., Suandi, dan Y. Damayanti. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Pola Konsumsi Pangan dan Gizi Rumahtangga Nelayan Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sosio Ekonomika Bisnis. 15 (1) : 1-9.

Normansyah, D., S.Rochaeni, dan A.D. Humaerah. 2014. Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran di Kelompok Tani Jaya, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis. 8 (1) : 29-44.

Pasaribu, A.I., Djaimi Bakce, dan Jumatri Yusri. 2016. Analisis Pendapatan dan Pola Konsumsi Rumahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa. 3 (2) : 1-12.

Prasetyoningrum, F., E.S. Rahayu, dan S. Marwanti. 2016. Analisis Pola Konsumsi Rumah Tangga Petani Jagung di Kabupaten Grobogan. AGRIC Jurnal Ilmu Pertanian. 28 (1) : 41-54.

Siahaan, C.O., S.N. Lubis, dan S. Khadijah. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Pangan Rumahtangga (Studi Kasus: Desa Kepala Sungai, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat). Journal on Social Economic of Agriculture and Agribusiness. 5 (10) : 1-13.

Sjirat, M. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Rumahtangga Miskin Perkotaan di Sumatera Barat. Working Paper. Tesis. Pascasarjana Universitas Andalas, Padang.

Subekti, P. 2015. Model Regresi Logistik Multinomial Untuk Menentukan Pilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Pada Siswa SMP. Tesis. Magister Matematika. Universitas Brawijaya, Malang.

Published
2019-12-15
Abstract viewed = 5123 times
pdf downloaded = 5340 times