STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN SALAI LELE (Clarias gariepinus) DI KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Usaha Bapak Ahmadin Margolang)

  • Tumpak Universitas Lancang Kuning
Keywords: Ikan Salai Lele

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk 1) Mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi dalam usaha ikan salai lele Bapak Ahmadin di Keluraha Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. 2) Mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh usaha ikan salai lele Bapak Ahmadin di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. 3) Mengetahui strategi apa yang tepat dalam pengembangan usaha ikan salai lele Bapak Ahmdin di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit raya Kota Pekanbaru. Metode penelitian untuk menentukan daerah dan pengambilan sampel dilakukan secara sengaja ( purposive sampling), dengan alasan usaha yang aktif dan memiliki skala produksi yang besar. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Peluang pada Usaha Ikan Salai Lele Bapak Ahmadin Margolang adalah ; dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, harga jual produk masih bisa bersaing dengan produk sejenis dipasaran, adanya kerja sama dengan pemasok bahan baku, dukungan dari pemerintah, daerah usaha berada dikawasan masyarakat ramai. Ancamannya adalah ; adanya pesaing dengan produk sejenis, permintaan akan pasar tidak stabil, harga bahan baku yang tidak stabil, perubahan selera konsumen, menurunnya minat beli masyarakat. Kekuatan pada Usaha Ikan Salai Lele Bapak Ahmadin Margolang adalah ; lingkungan usaha yang kondusif, bahan baku mudah diperoleh, ketahanan produk atau awet, kualitas produk dan tampilan menarik, memiliki pelanggan tetap, melakukan promosi, tenaga kerja terampil. Kelemahannya adalah ; kurangnya outlet pemasaran, teknologi yang digunakan masih sederhana, biaya produksi yang relatif tinggi, kurangnya tenaga kerja di bidang pemasaran, produk yang dihasilkan masih dipasarkan di daerah lokal. Strategi yang tepat dalam pengembangan Usaha Ikan Salai Lele Bapak Ahmadin Margolang ini adalah Strategi Strenght- opportunities (SO), dimana srategi yang harus diterapkan adalah memanfaatkan kualitas dan tampilan menarik supaya tetap dapat di jadikan sebagai oleh-oleh makanan khas pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawyah R. (2007). Pengolahan dan pengawetan ikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bambang, hariadi. (2003). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Cecep Suhardedi. (2010). Strategi Pengembangan Usaha Pembenihan Lele dumbo (Clarias gariepinus) Di Kabupaten Boyolali. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: PT prenhallindo. Dirgantoro. (2001a). Manajemen Strategik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana. Riau dalam angka. (2016). Produksi Perikanan Riau. Pekanbaru.
Rangkuti. (1997). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOt. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-12-15
Abstract viewed = 785 times
pdf downloaded = 561 times