ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI GULA SAGU DI DESA SUNGAI TOHOR

  • Esterlinawati Munte Universitas Riau
Keywords: agroindustri, gula sagu, kelayakan usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha agroindustri gula sagu.  Analisis ini dilakukan untuk melihat kelayakan usaha agroindustri gula sagu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dimana informasi diperoleh langsung dari sampel melalui pertanyaan yang tersedia dalam kuesioner. Penentuan sampel dilakukan dengan metode sensus dimana semua pengrajin gula sagu yang berjumlah enam orang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis yang digunakan ialah analisis kelayakan usaha dengan metode R/C Ratio. Hasil analisis diperoleh bahwa apabila pengrajin hanya memproduksi gula sagu cair sebanyak 678,06 l/tahun, maka usaha layak untuk dilakukan karena nilai RCR diperoleh sebesar 1,16. Namun jika usaha hanya memproduksi gula sagu bubuk sebanyak 226,02 kg dalam setahun, maka usaha belum layak untuk dilakukan karena nilai RCR diperoleh sebesar  0,87. Apabila pengrajin memproduksi kombinasi 339,03 l gula sagu cair dan 113,01 kg gula sagu bubuk dalam setahun maka diperoleh RCR sebesar 0,94.  Angka ini menunjukkan bahwa usaha ini belum layak untuk dilakukan. Maka usaha agroindustri gula sagu harus melakukan perbaikan dan pengembangan usaha kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. 2018. “Analisis Kelayakan Finansial Pengolahan Gula Cair Pati Sagu Di Kabupaten Konawe Selatan [Financial Analysis Of Processing Sago Liquid Sugar At South Konawe Regency].” Buletin Palma 19(2):117.
Badan Pusat Statistik. 2017. Provinsi Riau Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik.
Hendayana, Rachmat. 2016. Analisis Data Pengkajian. Jakarta: IAARD Press.
Lay, Asthutiirundu D. A. N. A. 2016. “Analisis Kelayakan Finansial Pengolahan Tepung Sagu Menjadi Produk Kue Bagea (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Di Minahasa Selatan).” Analisis Kelayakan Finansial Pengolahan Tepung Sagu Menjadi Produk Kue Bagea (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Di Minahasa Selatan) 14(1):61–68.
Restuhadi, Fajar, Roza Yulida, Evy Rossi, Deby Kurnia, Kelayakan Usaha, Skala Rumah, Tangga Gula, Sagu Cair, Di Sunga, Tohor Kecamatan, Tinggi Timur, and Kabupaten Kepulauan. 2019. “Fajar Restuhadi, Rosnita, Roza Yulida, Evy Rossi, Deby Kurnia, Yulia Andriani | Kelayakan Usaha Skala Rumah Tangga Gula Sagu Cair Di Sunga Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti.” 7(2):167–81.
Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta: UI Press.
Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani (Edisi Revisi). Jakarta : Penebar Swadaya.
Udayana, I. Gusti Bagus. 2011. “Peran Agroindustri Dalam Pembangunan Pertanian.” Jurnal Teknologi Industri Pertanian.
Published
2020-08-17
Abstract viewed = 283 times
PDF downloaded = 288 times