ANALISIS HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN MANDOR PANEN DAN MOTIVASI KERJA PEMANEN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT DI PT. TUNGGAL PERKASA PLANTATIONS

  • Agatha Kristia Mahasiswi Universitas Riau
  • Jumatri Yusri Universitas Riau
  • Sakti Hutabarat Universitas Riau
Keywords: gaya kepemimpinan mandor panen, motivasi kerja pemanen, produktivitas kerja pemanen, sumber daya manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gaya kepemimpinan mandor panen, mengidentifikasi kondisi motivasi kerja pemanen, menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan mandor panen dengan produktivitas kerja pemanen dan menganalisis hubungan antara motivasi kerja pemanen dengan produktivitas kerja pemanen di PT. Tunggal Perkasa Plantations. Objek penelitian adalah tenaga kerja panen. Data didapat dari sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Ada dua kelompok sampel, yaitu (1) tenaga kerja panen yang bekerja di kebun dengan umur tanaman 15 tahun, topografi datar dan teknik pemanenan mekanisasi, dan (2) tenaga kerja panen yang bekerja di kebun dengan umur tanaman 10 tahun, topografi rolling satu dan teknik pemanenan konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum mandor panen di kebun Sei Sagu terkategori gaya kepemimpinan partisipatif. Kondisi motivasi kerja pemanen di kebun Sei Sagu terkategori motivasi tinggi yang disebabkan karena tenaga kerja panen merasa bahwa kebutuhannya yang terbentuk dari sembilan indikator menurut teori hierarki kebutuhan dari Abraham Maslow dapat terpenuhi. Selanjutnya, didapatkan hasil penelitian bahwa tidak ada hubungan antara gaya kepemimpinan mandor panen dengan produktivitas kerja pemanen dan terdapat hubungan antara motivasi kerja pemanen dengan produktivitas kerja pemanen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faslah, R. dan Savitri, M. T. 2013. Pengaruh motivasi kerja dan dispilin kerja terhadap produktivitas kerja pada karyawan PT. Kabelindo Murni, Tbk. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Bisnis (JPEB). 1(2):40-53.
Handoko, T. H. 2001. Manajemen Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, M. S.P. 2005. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah (Edisi Revisi). PT Bumi Aksara. Jakarta.
Latief, A. 2015. Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada afdeling prapen I kebun unit 1 PT. Mopoli Raya Kabupaten Langkat. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 4(1): 294-304.
Lubis, M. F dan Lubis, I. 2018. Analisis Produksi Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) di Kebun Buatan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Jurnal Bul. Agrohorti 6 (2) : 281 – 28.
Misbahuddin dan Hasan, I. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Sarwono, J. 2009. Statistik itu Mudah : Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Mmenggunakan SPSS 16. Andi. Yogyakarta.
Sutrisno, E. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1. Kencana Prenada Media. Jakarta.
Wirawan, N. 2016. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi Dan Bisnis (Statistika Deskriptif), Edisi Keempat. Keraras Emas. Bali.
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 671 times
PDF downloaded = 284 times