Analisis Kelayakan Produksi Tepung Keladi Pada Balai Kementerian Perindustrian Provinsi Riau

  • Eddifa Rahman BPPSI Pekanbaru
Keywords: Keladi, Komoditi, Tepung

Abstract

Keladi atau talas merupakan salah satu komoditi yang memiliki peluang pengembangan dan peningkatan nilai tambah cukup menjanjikan dimasa mendatang. Hal ini tidak terlepas dari tingkat penggunaan tepung tersebut dalam berbagai produk pangan. Untuk mendapatkan nilai optimal dalam pengembangan dan peningkatan nilai tambah komoditi keladi atau talas, perlu dianalisa terlebih dahulu terhadap kelayakan ekonomi dan teknologi sehingga mampu berkelanjutan dalam masa yang panjang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keberlangsungan komoditi keladi atau talas pada beberapa tahun kedepan melalui analisis kelayakan secara ekonomi dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan produk dan peningkatan nilai tambah keladi atau talas sudah layak secara ekonomi maupun teknologi. Dari segi rendemen, tepung yang dihasilkan berada pada angka 23,69% atau 5 Kg, dengan berat awal bahan baku adalah 21,1 Kg. apabila diasumsikan nilai jual tepung keladi atau talas adalah senilai Rp. 47.500 dan harga bahan baku adalah Rp. 8.000/Kg maka didapatkan keuntungan sebesar Rp. 143.476. Dapat disimpulkan jika sudah layak untuk diterapkan pada IKM pembuat dan pengolah tepung keladi atau talas untuk kategori ekonomi. Pada kategori teknologi, dengan alat pengolahan yang cukup sederhana dan tidak membutuhkan biaya besar maka kegiatan pengembangan produk dan peningkatan nilai tambah keladi atau talas akan sangat mungkin untuk dilakukan dalam lingkup industri kecil terutama yang berada di daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Eliza E, Tety E, Putra Y. Analisis Pendapatan Usahatani Keladi di Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Unri Conf Ser Agric Food Secur. 2019;1:26–33.
[2] Hairiyah N, Amalia RR, Nuryati. AGROINTEK : Jurnal Teknologi Industri Pertanian. J Teknol Ind Pertan. 2020;14(2:):249–57.
[3] Taufik Y, Hasnelly, Rukmana. Inovasi Proses Tepung Talas Termodifikasi Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Produk. 2013;886–93.
[4] rachmawan o, taofik a suwarno n. PENGGUNAAN TEPUNG TALAS BOGOR (Colocasia esculenta L. Schott) TERHADAP SIFAT FISIK DAN AKSEPTABILITAS NAGGET AYAM PETELUR AFKIR. 2013;VII(2):152–62.
[5] Welli Yuliatmoko DIS. Terigu Dalam Pembuatan Cookies Yang Disuplementasi. J Mat Sains, Dan Teknol. 2012;13(2):95.
[6] Permata DS, Kumar R, Yadi R, Monandes V, Rahman E. Analisis Pembuatan Tepung dari Umbi Keladi ( Colocasia esculenta L . ). 2019;205–11.
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 236 times
PDF downloaded = 320 times