ANALISIS KEBUTUHAN PANGAN DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

  • Niken Nurwati universitas lancang kuning
  • Enny Mutryarny universitas lancang kuning
  • Mufti Mufti universitas lancang kuning
Keywords: Kata Kunci : Kebutuhan Pangan, Pengembangan Pangan

Abstract

Pangan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Penganekaragaman pangan merupakan suatu langkah strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Permintaan pangan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Peningkatan jumlah penduduk serta penurunan luas lahan pertanian produktif akibat konversi lahan untuk kepentingan sektor non-pertanian, menyebabkan pangan tidak cukup. Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan kebutuhan pangan.

Penelitian dengan judul : Analisis Kebutuhan Pangan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, memiliki tujuan : a) Menganalisis kebutuhan pangan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.b). Menganalisis  potensi pengembangan tanaman pangan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pangan yang dibutuhkan untuk memenuhi kecukupan gizi dengan standart PPH belum dapat dipenuhi dari produksi pangan dari wilayah setempat. Oleh karena itu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada diharapkan dapat ditingkatkan produksi pangan, antara lain ubi kayu, jagung, padi, kacang tanah, kacang hijau. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan hal tersebut, baik dari pemerintah, akademisi serta peranserta masyarakat.

 

Kata Kunci : Kebutuhan Pangan, Pengembangan Pangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alan Berg, 1986. Peranan Gizi dalam Pembangunan Nasional (Terjemahan) Rajawali.Jakarta.

Auliana Rizqie, 2001. Gizi dan Pengolahan Pangan.Adicita.Yogjakarta

Badan Ketahanan pangan : Rumusan Kesepakatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi Riau Tanggal 27 November 2012.

Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, 2013. Rumbai Pesisir Dalam Angka.

Departemen Pertanian, 2009. Aplikasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan pola Pangan Harapan (PPH) Dalam Perencanaan Ketersediaan Pangan.

FAO. 1996. World Food Summit, 13-17 November 1996. Rome, Italy: Food and Agriculture Organisation of the United Nations.

Gevisioner. 2009. Strategi Penyediaan Pangan Penduduk Dalam Rangka Pencapaian Visi Riau Tahun 2020. Jurnal Teroka, Volume IX No. 2 April 2009. Badan Penelitian dan Pengembangan Propinsi Riau. Riau

Hardinsyah, Hadi Riyadi, Victor Napitupulu,2012. Kecukupan Energi, Protein, Lemak Dan Karbohidrat. Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB 2Departemen Gizi, FK UI.

PPK-LIPI, 2004. Ketahan Pangan Rumah Tangga di Pedesaan, Konsep dan Ukuran.

Republik Indonesia. 2002. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2000 Tentang Ketahanan Pangan Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan Pertanian (UPTB PP), 2014. Programa Penyuluhan Pertanian UPTB PP Rumbai
Published
2018-03-17
Abstract viewed = 805 times
PDF downloaded = 1041 times