PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI USAHA AGROINDUSTRI DI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

  • Dedi Zargustin universitas lancang kuning
  • Mufti Mufti universitas lancang kuning
  • Seprita Lidar universitas lancang kuning
Keywords: Kata Kunci : agroindustri,ikan salai, pekerjaan alternatif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1) untuk mengukur tingkat kemiskinan, 2) mengidentifikasi potensi dan kondisi sosial ekonomi serta minat masyarakat untuk melakukan usaha agroindustri. 3) Memilih potensi unggulan usaha agroindustri di Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Desember 2016, Anggota populasi adalah petani padi sawah yang berjumlah 300 KK. Sampel menggunakan Tabel Sekaran, U (1999), diperoleh 169 KK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini disusun secara sistematis, spesifik, jelas dan terinci sesuai dengan prosedur penelitian, dimulai dari pra survey, observasi terstruktur dan wawancara terstruktur, tabulasi dan olahan data. Data diolah meliputi data tentang pendapatan, baik pendapatan utama maupun pendapatan dari pekerjaan alternatif dan lain-lain sumber pendapatan yang merupakan pendapatan rumah tangga. Sementara tingkat kemiskinan diukur dengan menggunakan konsep Sajogyo. Hasil olahan data akan dianalisis sampai kepada penarikan kesimpulan dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan masyarakat di Kecamatan Kampar 14,20 % rumah tangga dikategorikan miskin, dan 85,80 % tidak miskin. Selanjutnya teridentifikasi pula kondisi sosial ekonomi masyarakat  terutama jenis pekerjaan alternatif yang  dilakukan rumah  tangga  yaitu,  9,47 %  sebagai buruh tani, 7,70 % supir, dagang 28,99 %, dan kegiatan industri kecil 53,85 %. Terpilihnya usaha agroindustri ikan salai sebagai potensi unggulan usaha agroindustri yang diminati oleh masyarakat di Kecamatan Kampar.

 

Kata Kunci : agroindustri,ikan salai, pekerjaan alternatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Nuhung, Iskandar. 2006. Bedah Terapi Pertanian Nasional, P.T BPI, Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2014. Berita Rasmi Statistik. No. 16/02/Th. XVII

Barro, J.R. and Sala-i-Martin, Xavier. 2011. Economic Growth. Cambridge: MIT Press.

Bernstein, H. 1971. Modernization Theory and the Sociological Study of Development, Journal of Development Studies, Vol.7 (2).

Chambers, Robert (2012). Poverty And Livelohood: Whose Reality Counis. Kuala Lumpur : Institute of development Studies

Chamhuri Siwar. 2013. ‘Kemiskinan dan Pendidikan’, dalam Asan Ali Golam Hassan (ed), Prognosis Pembangunan Dan Transformasi Struktur. Sintok: Penerbit Universiti Utara Malaysia.

Djojohadikusumo, Sumitro. 2006. Perkembangan Pemikiran Ekonomi Dasar, Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Hadiwegeno, Soetatwo & Agus Pakpahan. 1999. Identifikasi Wilayah Miskin di Indonesia, Prisma Nomor 3, Tahun XII.

Sajogyo dalam Quibria, M.G. 1996. Rural Poverty In Asia: Indonesia, Republic of Korea, Philippenes and Thailand, Asian Development Bank, Manila.

Wiradi dalam Hagul 2010. Ketenagakerjaan Dalam Struktur Agraris di Perdesaan Jawa. Yogjakarta: Penerbit Yayasan Dian Desa.

World Bank. 2013. Country At A Glance, Indonesia. World Bank Web Page (10 Oktober 2013), http://www.worldbank.org/en/country/indonesia
Published
2018-03-21
Abstract viewed = 245 times
PDF downloaded = 256 times