ANALISIS PERSEPSI PETANI BAWANG MERAH TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN KAMPAR

  • Amalia Amalia universitas lancang kuning
  • asgami putri universitas lancang kuning
Keywords: Kata Kunci : Program pengembangan, persepsi, bawang merah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: menganalisis persepsi petani tanaman bawang merah terhadap program pengembangan tanaman bawang merah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang diterapkan adalah teknik wawancara dan observasi atau supervisi langsung pada lokasi obyek pengembangan bawang merah.  Pengarahan wawancara serta ketepatan pengumpulan data yang dibutuhkan berpedoman pada daftar pertanyaan terstruktur.

Teknik penetapan sampling lokasi/wilayah dilakukan secara purposive didasarkan pada potensi dan daya dukung pengembangan komoditi tersebut.  Sedangkan sampel responden diambil dengan metode cluster purvosif sampling untuk mengelompokkan sampel sesuai dengan tujuan penelitian, ditentukan sebayak 100 orang yang diambil dari anggota kelompok tani sebagai pelaku usaha produksi bawang merah.  Teknik analisis yang digunakan adalah penelitian Deskriptif (Descriptive Research). 

              Dari hasil penelitian bahwa persepsi petani yang masuk pada kategori tinggi adalah kriteria Dukungan/keterlibatan masyarakat sebesar 114,10%, kriteria bantuan saprodi sebesar 123.47%, dan bantuan bibit sebesar 101.10% artinya rataan persepsi petani bawang merah di Kabupaten Kampar dengan kriteria tersebut lebih dari 100%.  Kemudian kriteria persepsi petani yang masuk dalam kategori rendah adalah kejelasan program sebesar 93,27%, ketepatan sasaran program sebesar 89,74%, pendampingan dan penyuluhan sebesar 86.81% dan bantuan pembiayaan sebesar 91,49%, kriteria ini dikatakan rendah karena persentase rataan kriteria tersebut kurang dari 100%.

 

 

Kata Kunci  :  Program pengembangan, persepsi, bawang merah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agresti,A. 2002. Categorical Data Analysis. Wiley Interscience. New York.

Amalia, Hamdan Yasid dan Asgami Putri. 2015. Analisis Komoditi Unggulan Bawang Merah di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Pertanian Vo. 10 No.2 Agustus 2015. Pekanbaru

Badan Litbang Pertanian. 2006. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Bawang Merah. http://www.litbang.deptan.go.id/special/publikasi.

BPTP Sultra (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara). 2009. Teknologi Budidaya Bawang Merah di Lahan Kering. http://sultra.litbang.deptan.go.id.

BPTP Jatim (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur). 2012. Analisis Keberlanjutan Usaha Bawang Merah di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. http://jatim.litbag.deptan.go.id.

Ditjen PHP (Direktorat Jendral Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian). 2006. Road Map Pascapanen, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Bawang Merah. http://agribisnis.deptan.go.id.

Ginting, H. 2002. Pengaruh Daya Serap Teknologi Pterhadap Usaha Tani yang dilakukan oleh Petani. Laporan Hasil Peneltian Universitas Sumatra Utara Fakultas Pertanian.

Hanafi, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Iriani, E. 2013. Prospek Pengembangan Inovasi Teknologi Bawang Merah di Lahan Optimal (Lahan Pasir) dalam Upaya Peningatan Pendapatan Petani. Jurnal Litbang Propinsi Jawa Tengah Vol.11 No.2 Desember 2013.

Koestoni, T. dan S.Sastrosiswojo. 1991. Pengaruh Waktu Tanam Bawang merah terhadap Dinamika Populasi Ulat Bawang di Dataran Rendah. Laporan Hasil Penelitian Hortikultura Lembang.

Purbiati, T. 2012. Potensi Pengembangan Bawang Merah di Lahan Gambut. Jurnal Litbang Pertanian Vol.13 No.3 September 2012.

Sayaka, B. Dan Y. Supriyatna. 2009. Kemitraan Pemasaran Bawang Merah di Kabupaten Brebes Jawa Tengah. http://pse.litbang.deptan.go.id

Sudjana. 2001. Metode Statistika, Edisi Revisi Cet 6. Bandung:Tarsito.

Suhardi. 1993. Pengaruh Watu Tanam dan Interval Penyemprotan Fungisida terhadap Intensitas Serangan Alternaria porii dan Collelotricum gloeosporioides pada Bawang Merah. Bull. Penel. Hort. 26 (I)

Siswandi. 2006. Budi Daya Tanaman Sayuran. Citra Aji Parama. Yogyakarta.
Published
2018-03-21
Abstract viewed = 1037 times
pdf downloaded = 686 times