MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMELIHARAAN KEBUN KELAPA SAWIT RAKYAT

  • latifa siswati universitas lancang kuning
  • Resolinda Harly Sekolah Tinggi Pertanian Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Afrijon Afrijon Akademi Pembangunan Pertanian (APPERTA) Sumbar
Keywords: Kata kunci : manajemen pemupukkan, produksi, sumber bibit tanaman

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui manajemen pemeliharaan kebun sawit terutama pemupukan  dan produksi yang dihasilkan pada perkebunan sawit rakyat di kecamatan Lubuk Basung. Metode survey  dan wawancara dilaksanakan pada penelitian ini , dengan 38 petani responden. Analisis data secara deskriptif dalam bentuk tabel dan grafik disajikan pada hasil penelitian. Hasil penelitian diperoleh 92 % kondisi tanaman kebun kelapa sawit rakyat pada masa menghasilkan dan  sebanyak 8 % tanaman kebun kelapa sawit rakyat berada pada tanaman belum menghasilkan. Dari pelaksanaan  pemupukan yang dilakukan petani responden 42,10 % tidak melakukan pemupukan , 31,58 %  melakukan pemupukan dengan frekuensi satu kali setahun sedangkan pelaksanaan pemupukan dengan aplikasi dua kali setahun dilakukan oleh 26,32 % responden. Berhubungan dengan produksi yang dihasilkan petani responden  dibandingkan dengan produksi pusat penelitian kelapa sawit , produksi kelapa sawit rakyat masih rendah dibawah produksi kelapa sawit pusat penelitian kelapa sawit. Kondisi ini dapat diperkuat yang disebabkan oleh asal bibit tanaman yang digunakan oleh petani responden tidak memiliki keunggulan yang dibuktikan dengan sertifikat/label. Hasil penelitian menunjukkan 71,05 %  sumber bibit tanaman diperoleh dari masyarakat sekitar, 10,53 % berasal dari luar daerah dan 7,89 % dari perusahaan perkebunan.

Kata kunci : manajemen pemupukkan, produksi, sumber bibit tanaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik .2015. Statistik Kelapa Sawit Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta

Fauzi, Widyastuti, Sastyawibawa dan Hartono. 2005. Kelapa Sawit, Budidaya Pemanfaatan Hasil & Limbah, Analisis Usaha & Pemasaran. Penebar Swadaya. Jakarta. 168 hal.

Juliza Hidayati, Sukardi, Ani Suryani, Anas Miftah Fauzi, Sugiharto (2016). Identifikasi Revitalisasi Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Utara. Ju rnal Teknologi Industri Pertanian 26 (3):255-265 (2016)

Lubis, R. E dan A. Widanarko. 2011. Buku Pintar Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Mangoensoekarjo, S. 2007. Manajemen Agrobisnis Kelapa Sawit. Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

Pahan, I.2010. Panduan lengkap Kelapa sawit.Managemen Agribisnis dari hulu hingga hilir. Penebar Swadaya. Jakarta.

--------, 2008.Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta

Purwantoro RN. 2008. Sekilas pandang industry sawit. Majalah Manajemen UsahawanIndonesia LM FEU. 04:1-18

Juliza Hidayati, Sukardi, Ani Suryani, Anas Miftah Fauzi, Sugiharto (2016). Identifikasi Revitalisasi Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Utara. Ju rnal Teknologi Industri Pertanian 26 (3):255-265 (2016)

Santoso. Pelaksanaan Teknik Budidaya Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Swadaya Masyarakat Di Lahan Pasang Surut Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=186821&Val=6448&Title=Pelaksanaan%20teknik%20b
Published
2018-03-21
Abstract viewed = 11450 times
PDF downloaded = 10264 times