KINERJA PENYULUH PERTANIAN DAN KEBERHASILAN KELOMPOK PEMASARAN BERSAMA BAHAN OLAHAN KARET RAKYAT (BOKAR) DI KABUPATEN KUA

  • MELI SASMI Universitas Negeri Islam Kuansing
  • MAHRANI MAHRANI Universitas Negeri Islam Kuansing
  • HARIS SUSANTO Universitas Negeri Islam Kuansing
Keywords: Kata Kunci : Kinerja,penyuluh,keberhasilan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kuantan Singingi bertujuan mengetahui kinerja penyuluh pertanian dan keberhasilan kelompok pemasaran bersama bahan olahan karet rakyat (Bokar) di Kabupaten Kuatan Singingi. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Untuk menganalisis data diukur dengan menerapkan “Skala Likert” yang diukur adalah variabel kinerja, pengetahuan, keterampilan, motivasi, jarak tempat tingal, fasilitas dan keberhasilan anggota kelompok dalam pengembangan usaha kelompok pemasaran secara bersama, diukur dengan skala jenjang lima (1,2,3,4,5).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja penyuluh pertanian berdasarkan sifat personalitas dan hasil kerja memiliki kategori baik hal ini disebabkan oleh penyuluh memiliki sifat tekun, disiplin, kerja keras, bertanggung jawab, inovatif, kreatif dan ketauladanan yang baik. Kinerja berdasarkan hasil kerja juga memiliki kategori baik dilihat dari frekuensi penyuluhan, materi penyuluhan, program penyuluhan, kehadiran sasaran yang baik, interaksi penyuluh dengan kelompok tani dan perubahan perilaku sasaran  sangat baik, perkembangan kegiatan pemasaran bersama bokar baik serta manajemen usaha pemasaran bersama bokar juga baik. Berdasarkan faktor-faktor mempengaruhi kinerja penyuluh pengetahuan memiliki kategori, keterampilan, motivasi yang baik, sikap penyuluh sangat baik, jarak tempat tinggal dekat namun fasilitas kurang lengkap.  

Keberhasilan anggota kelompok dalam mengembangkan usaha kelompok pemasaran bokar secara bersama memiliki kategori baik terlihat dari pertambahan volume penjualan. Persentase kadar karet kering, pengolahan bokar, pendapatan anggota, jumlah usaha yang dimiliki, penerapan teknologi, permodalan, pemasaran. Pendapatan anggota yang baik dan permodalan yang sangat baik hal ini terlihat dari berkembangnya usaha kelompok dengan menumbuhan usaha-usaha produktif pada kelompok pemasaran tersebut.

 

Kata Kunci : Kinerja,penyuluh,keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Consuole, G, Seveela. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Dajan,A, 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid II. Jakarta.LP3ES

Firmansyah, 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Penyuluhan Kehutanan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Jurnal: Penyuluhan 11 (1): 11-22.

Sasmi, M, 2016. Pengentasan Kemiskinan Petani Karet Melalui Peningkatan Mutu Bokar dan Pengembangan Kelompok Pemasaran Bersama dengan Sistem Lelang di Desa Banjar Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal: Uniks volume 3 Nomor 1 Januari-Maret/2016.

Siregar.AN, Saridewi.TR, 2010., Hubungan Antara Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Jurnal: Penyuluhan Pertanian Volume 5 Nomor 1 Tahun 2010.

Soekartawi, 2005. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta (ID): Universitas Indonesia.

Sugiyono, 2007. Statistika untuk Penelitian” Bandung: CV Alfabeta

Putri.I.W,Fatchiya.A, Amanah.S, 2016. Jurnal: Penyuluhan Volume 12 Nomor 1 Tahun 2016.
Published
2018-03-21
Abstract viewed = 640 times
pdf downloaded = 1197 times