Aanalisis Pendapatan Agroindustri Kerupuk Sagu Di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti (Studi Kasus pada Usaha Mandiri Bunga Mawar)

  • Ihsan Ramadhan Al-'Afif Universitas Riau
Keywords: Agroindustri, Kerupuk Sagu, Pendapatan, Biaya, Nilai Tambah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total biaya produksi pada agroindustri kerupuk sagu dan menganalisis pendapatan, nilai tambah, efisiensi usaha dan titik balik modal (Break Event Point/BEP) pada agroindustri kerupuk sagu. Penelitian ini dilaksanakan di Usaha Mandiri Bunga Mawar, yang berlokasi di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Usaha Mandiri Bunga Mawar dipilih sebagai lokasi penelitian karena Usaha Mandiri Bunga Mawar ini salah satu usaha yang sudah mandiri dan sudah ada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Meranti dan sudah terdaftar di gedung promosi yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya produksi yang dikeluarkan oleh pelaku usaha dalam satu kali proses produksi sebesar Rp. 259.914. Pendapatan bersih yang diterima oleh pelaku usaha dalam satu kali proses produksi yaitu sebesar Rp. 78.086. Nilai tambah yang dimiliki pelaku usaha dalam satu kali proses produksi sebesar Rp. 21.195/Kg. Nilai efisiensi usaha sebesar 1,30 yang artinya setiap Rp. 1 yang dikeluarkan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1,30 dan pendapatan sebesar Rp. 0,30 sehingga usaha agroindustri kerupuk sagu tersebut efisien dan menguntungkan sehingga layak untuk dilanjutkan. Nilai BEP produksi sebanyak 142 unit dengan BEP biaya sebesar Rp. 1.842.598.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, Yoesti Silvana dan Waluyati, Lestari Rahayu. 2019. Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah Di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 3(2): 256-266.

Asmir, S, et al. 2016. Pemanfaatan Pati Sagu dan Tepung Udang Rebon Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kerupuk. JOM Faperta. 3(2).

BPS Kabupaten Kepulauan Meranti. 2019. Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Kepulauan Meranti. Selat Panjang.

Fadila, Ila. 2011. Potensi Sagu Dalam Upaya Diversifikasi Pangan. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Maulida, Silvana. 2012. Pengantar Usahatani: Kelayakan Usaha Tani. UB Press.

Oktari, et al. 2013. Analisis Usaha Agroindustri Berbasis Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Oktari, et al. 2020. Analisis Usaha Agroindustri Kerupuk Sagu Di Desa Pulau Kopung Kecamatan Sentajoraya Kabupaten Kuantan Singingi (Studi Kasus Pada Usaha Rezki Abadi). Jurnal Green Swarnadwipa. 9 (1): 10-17.

Priyarsono, D. S. 2011. Dari Pertanian Ke Industri Analisis Pembangunan Dalam Perspektif Ekonomi Regional. IPB Press. Bogor.

Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usaha Tani. UB Press. Malang.

Soekartawi. 2010. Agribisnis Teori Dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 212 times
PDF downloaded = 191 times