STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN NILA DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROPINSI RIAU
Abstract
Pembangunan perikanan bertujuan untuk mewujudkan stabilitas ekonomi yang seimbang sekaligus pengembangan pembangunan desa dan meningkatkan taraf hidup pengusaha ikan nila. Diperlukan strategi usaha yang tepat dan dapat diandalkan agar budidaya ikan nila ini berkesinambungan dan perekonomian masyarakat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Karakteristik pengusaha dan profil usaha ikan nila, 2) Strategi pengembangan usaha ikan nila. Penelitian ini menggunakan metode survei di Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah responden 60 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif analisis SWOT. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik pengusaha rata-rata berumur 49 tahun, lama pendidikan hanya 6 tahun, pengalaman berusaha ikan sekitar 4-8 tahun, dan jumlah tanggunngan keluarga umumnya 4 jiwa. Skala usaha umumnya skala kecil yang dikelola oleh pengusaha sendiri,dengan jumlah modal awal dan penggunaan tenaga kerja sedikit. Strategi pengembangan usaha ikan nila menyatakan bahwa usaha ini berada pada kuadran ketiga sehingga dapat menjalankan stratgi WO, diantaranya memberikan gambaran tentang usaha ikan nila kepada pihak terkait agar mendapat penyaluran kredit, memperluas jangkauan pemasaran dengan cara meningkatkan kualitas produk ikan nila yang dihasilkan, meningkatkan promosi produk unggulan untuk memenuhi permintaan pasar, dan memberikan bonus pada karyawan jika penjualan produksi meningkat untuk menambah semangat kerja.
Kata Kunci: Strategi, Ikan Nila, Analisis SWOT
Downloads
References
Dinas Perikanan dan Kelautan. 2015. Nilai Produksi Perikanan Laut, Perairan Umum, dan Budidaya. Pekanbaru
---------------------------------. 2015. Jumlah Produksi Perikanan. Kuantan Singingi
Fachriyan Hilmi Arija, Azis Nur Bambang, Muslim. 2014. Prospek Pengembangan Usaha Agribisnis Ikan Nila di kawasan Minapolitan Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Agromedia, Vol. 33 No. 1. Universitas Diponegoro
Murtidjo, B, A. 2005. Beberapa Metode Pembenihan Ikan Air Tawar. Kanisius. Yogyakarta
Rahmawati, Hijjah dan Dede Hartono. 2012. Startegi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Air Tawar. Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Vol.1 No. 2 (129-134). Bengkulu
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Siregar Gustina, Hendra Suwarno, Samsidar. 2014. Strategi Pengembangan Ikan Nila. Jurnal Agrium, Vol.18 No. 3 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Sucipto dan E. Prihartono. 2005. Pembesaran Ikan Nila Merah Bangkok di Keramba Jaring Apung, Kolam Air Deras, Kolam Air Tenang dan Keramba. Penebar Swadaya, Jakarta.