PENGUASAAN LAHAN USAHATANI PADI SAWAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PEMISKINAN DI DESA PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

  • Mufti Mufti Universitas Lancang Kuning
  • Dedi Zargustin Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kata kunci : kemiskinan, lahan, signifikansi, strata,

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis hubungan antara luas penguasaan lahan usahatani padi sawah terhadap tingkat kemiskinan di Desa Padang Mutung Kecamatan Kampar.

Penelitian ini dilakukan di Desa Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau bulan November 2016  sampai dengan Januari 201. Anggota populasi adalah petani padi sawah yang berjumlah 310 KK, yang dibagi atas 2 strata yaitu strata I (197 KK), strata II (113 KK). Selanjutnya dari masing-masing strata diambil 10% dari anggota populasi sebagai responden  yang berjumlah 32 KK.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Data diolah meliputi data tentang pendapatan keluarga (rumah tangga). Sementara tingkat kemiskinan diukur dengan menggunakan konsep Sajogyo. Untuk menganalisis hubungan luas penguasaan lahan dengan tingkat kemiskinan menggunakan analisis Chi square. Hasil olahan data akan dianalisis sampai kepada penarikan kesimpulan dan pelaporan.

Berdasarkan hasil analisis uji Pearson Chi-Square  terhadap luas lahan  berdasarkan tingkat kemiskinan (tidak miskin; miskin), (χ² = 4,571,  p < 0.05), menunjukkan hasil  yang signifikan antara luas lahan  yang dimiliki dengan tingkat kemiskinan. Ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa  terdapat hubungan yang signifikan antara  luas lahan  dengan tingkat kemiskinan, diterima.

 

Kata kunci : kemiskinan, lahan, signifikansi, strata,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Nuhung, 2006. Bedah Terapi Pertanian Nasional, P.T BPI, Jakarta.
Badan Pusat Statistik, 2014. Berita Rasmi Statistik. No. 16/02/Th. XVII
Ihalauw, John Dan Sardi Kartoredjo, 2001. Penguasaan tanah Serta Implikasinya terhadap Kekekatan Budaya, BPFE UGM, Yogjakarta
Mudrajad Kuncoro, 2003. Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan Kebijakan. UPP AMP YKPN, Yogjakarta.

Sekretariat Pemkab Kampar, 2015. Kampar Dalam Angka, 2015
Tambunan, Tulus. 2006. Perekonomian Indonesia Sejak Orde Lama Hingga Pasca Krisis. Jakarta: Penerbit Pustaka Quantum.

Tedjoyuwono dalam Reksohadiprodjo (1988) Reksohadiprodjo, Sukanto, 2006. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Energi, BPFE UGM, Yogjakarta
Wiradi (1984), Wiradi, Gunawan. 1984. Ketenagakerjaan Dalam Struktur Agraris di Perdesaan Jawa. Yogjakarta: Penerbit Yayasan Dian Desa.

Wiradi dalam Hagul, 2010. Ketenagakerjaan Dalam Struktur Agraris di Perdesaan Jawa. Yogjakarta: Penerbit Yayasan Dian Desa.
World Bank, 2013 dalam Zargustin, Dedi. 2015. Country At A Glance, Indonesia. World Bank Web Page (10 Oktober 2013), http://www.worldbank.org/en/country/indonesia
Published
2018-03-29
Abstract viewed = 212 times
pdf downloaded = 303 times