ANALISIS STRUKTUR PERILAKU DAN KINERJA PASAR (STRUCTURE, CONDUCT AND MARKET PERFORMAN) KOMODITI PADI DI DESA BUNGA RAYA DAN DESA KEMUNING MUDA KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK

  • Novia Dewi Universitas Riau
  • Jum’atri Yusri Universitas Riau
  • Ari Jolanda Saputra Universitas Riau
Keywords: Kata Kunci: Struktur, Perilaku, Kinerja, Pasar, Padi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja pemasaran beras di Kabupaten Bunga Raya. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purpossive sampling yaitu dua desa menjadi sentra produksi padi. Responden penelitian adalah petani padi dan semua agensi pemasaran yang terlibat dalam pemasaran beras dari petani sebagai produsen ke pedagang besar sebagai konsumen. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga saluran pemasaran beras yaitu saluran pemasaran I petani menjual kepada pedagang pengumpul dan kemudian dijual ke pedagang besar, saluran pemasaran II petani menjual ke pedagang pengumul yang memiliki penggilingan padi kemudian dijual ke pedagang grosir dan saluran pemasaran III yaitu petani menjual langsung ke pedagang grosir. Struktur pasar beras adalah pasar oligopsoni karena dilihat dari jumlah pembeli yang relatif sangat sedikit, kemudian dilihat dari nilai market share, rasio konsentrasi dan indeks Herfindahl dari pedagang manapun menunjukkan nilai yang tidak terlalu berbeda. Petani sebagai produsen adalah penerima harga (price taker), dimana petani sebagai produsen mendapatkan perubahan nilai harga lebih kecil dibandingkan dengan pedagang grosir sebagai konsumen. Margin pemasaran terlihat dari setiap saluran pemasaran yang terjadi menunjukkan bahwa margin dan keuntungan paling banyak didapat oleh pedagang yang melakukan lebih banyak fungsi pemasaran.

 

 

Kata Kunci: Struktur, Perilaku, Kinerja, Pasar, Padi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2016. Instruksi Peresiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras Oleh Pemerintah. http : // bkp. pertanian. go. Id / tinymcpuk / gambar / file / Inpres _ Nomor_5_Tahun_2015.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016.
Ariaty W. 2016. Analisis Marjin Pemasaran Agroindustri Beras di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau. Pekanbaru.
BPS Kabupaten Siak. 2015. Siak Dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Siak.
BPS Provinsi Riau. 2015. Riau Dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau.
Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Siak. 2015. Tanaman Pangan dan Holtikultura. Kabupaten Siak
Hay, D. A & Moris, D.,J. 1991. Industrial Economic & Organization, Theory & Evidence. Second Edition. Oxford University Press.
Martin, S. 2002. Industrial Economics: Economic Analysis & Public Policy. Second Edition. New York: Mac. Milan.
Purcell W.D. 1979. Agricultural Marketing, System, Coordination, Cash and Future Price. Prentice Hall Compeny. Virginia.
Setiawan, Jeny. 2015. Pemasaran Karet (Kajian Struktur, Prilaku dan Penampilan Pasar) di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau.
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Perss). Malang.
Syahza, A. 2003 Paradigma Baru Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis di Daerah Riau dalam Jurnal Ekonomi, 8(1):1-11
Wati, Widia. 2015. Analisis SCP (Strukture, Conduct, and Performance) Pasar Ojol Di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Skripsi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau.
Published
2018-03-29
Abstract viewed = 4353 times
pdf downloaded = 3092 times