ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN YANG BERBELANJA SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL BERBASIS MODERN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DIKABUPATEN KUANTAN SINGIN

  • chezy wm vermila universitas islam kuantan singgi
Keywords: Pasar modren, sembako, kepuasan konsumen

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pasar tradisional di Indonesia berjumlah14.182 unit dan masih mendominasi dibandingkan toko modern sebanyak 1.131 unit maupun pusat perbelanjaan sebanyak 708 unit. Saat ini, persebaran pasar tradisional terbanyak terdapat di Jawa Timur (1.823 unit), Jawa Tengah (1.482 unit), dan Sulawesi Selatan (940 unit). Sedangkan daerah yang paling sedikit memiliki pasar tradisional adalah Kepulauan Bangka Belitung (54 unit), Kepulauan Riau (55 unit ), Karakteristik konsumen produk sembako dipasar Tradisional berbasis modren konsumen berada pada usia produktig yaitu rentang usia 21-35 sebanyak 40,00%, dengan lama pendidikan 10-12 tahun 34,28%, rata-rata pekerjaan yang ditemui pada ssat penelitian yaitu IRT (Ibu Rumah Tangga) sebanyak 40,00%, jumlah anggota keluarga 3-4 orang sebanyak (57,14%), dan pendapatan keluarga berkisar pada Rp.1.500.000 – Rp 2.500.000 sebanyak 60,00%. Prilaku konsumen sembako secara keseluruhan produk di pasar tradisional berbasisi modren Kabupaten Kabupaten Kuantan Singingi berada pada kategori  puas. Yang mana pada Produk sembako kategori I Sangat Puas dengan nilai 33,33%. Produk sembako pada kategori II konsumen merasa Kurang puas yaitu sebanyak 50,00%, dan produk sembako pada kategori III berada pada kategori kurang puas sebanyak  50,00 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, BR. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta. Ghalia Indonesia Azwar, Asrul. 1990. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta
Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hadi, Sutrisno, 2006, Analisis Regresi, Yogyakarta: Andi Offset
Irawan, H. 2004. Indonesia Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.

Juwita, C. 2012. Kajian Karakteristik Edible Film Berbasis Pati Ganyong (Canna edulis kerr).
J. Supranto, 2006, Pengukuran Tingka Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta
Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, penerbit PT Indek: Jakarta

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12.Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kurniati, Eka; Evanila Silvia; Zulman Efendi. 2016. Analysis Kepuasan Konsumen terhadap Kue Baytat Bengkulu dalam Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesi, Vol.8, No,2.

Mudjajanto, S dan Yulianti, N. 2010. Membuat Aneka Roti. Penebar Swadaya : Jakarta

Martinez, C, L., 2003, Evalution report : tools Cluster networking meeting #1, Center Point Institute, Inc., Arizona.

Mc Carthy. 2000. Pemasarn Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi16. Jakarta.

Sofjan Assauri,Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi,(Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada, 2015),97
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 241 times
PDF downloaded = 236 times