PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII.2 SMPN 21 PEKANBARU

  • Yusmiarti Yusmiarti SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pelajaran IPS kelas VII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran IPS dengan penerapan strategi the firing line siswa kelas VII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII.4 SMPN 21 Pekanbaru  yang berjumlah 42 orang, tahun pelajaran 2016-2017. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa rnelalui Strategi The Firing Line dalam proses pembelajaran IPS aktivitas belajar Kelas VII.2 SDN 003 Pagaran nTapah Darussalam  dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran melalui Strategi The Firing Line diketahui rata-rata keaktivan siswa menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan sebelum diterapkannya strategi pembelajaran tersebut. Dimana sebelum diterapkannya Strategi The Firing Line, keaktivan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 53,6% siswa yang aktif. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, keaktivan siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 65,3%. Sedangkan pada siklus kedua, keaktivan siswa tercapai pada. rata-rata 88,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Depdiknas. Standar Komptensi dan Komptensi Dasar Tingkat SD/MI, Depdiknas, Jakarta, 2006

[2] Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

[4] Masnur Musllich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Jakarta: Bumi Aksara. 2007

[5] Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press

[6] Oemar Hamalik, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Banding: Sinar Baru Algansindo, 2009

[7] Silbermen, Aktive Learning 101 Straretegi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Yappendis, 2002
Published
2018-06-26
How to Cite
Yusmiarti, Y. (2018). PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII.2 SMPN 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 176-183. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1078