Optimalisasi Promosi Kampung Manggis Secara Digital Sebagai Potensi Agrowisata di Kota Padang

  • Muhammad Pondrinal universitas putra indonesia yptk padang
  • Melisa Suardi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Tedy Tedy Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Digital, kampung manggis, kampung tematik, promosi, pariwisata

Abstract

Indonesia  merupakan  negara  yang  memiliki  potensi wisata yang sangat  besar  untuk dikembangkan. Namun, dibalik keragaman wisata di Indonesia seperti Eduwisata, Ekowisata dan lainnya, ternyata semenjak wabah Covid-19 pada tahun 2020 lalu, wisata lokal tersebut menjadi imbas yang membuat kunjungan wisata merosot turun. Setidaknya memiliki tiga aspek yang pengaruhnya di aspek ekonomis (bagian sumber pajak dan devisa), aspek sosial (penciptaan lapangan kerja) dan aspek budaya. Masalah penurunan kunjungan dan omset masyarakat yang tidak stabil ini sebenarnya sudah ditanggapi oleh pemerintah kota dengan menciptakan Kampung Tematik salah satunya kampung tematik kampung manggis di Kota Padang. Untuk pengembangan Kampung Tematik Kampung Manggis ini dibutuhkan pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan dalam peningkatan sumber daya manusia berbasis digital. Hal ini diharapkan dapat mempromosikan daerah kampung Manggis menjadi kawasan Argowisata di Kota Padang. Metode dalam pelatihan ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti persiapan, FGD, pelaksanaan kegiatan pelatihan, evaluasi dan hasil evaluasi. Pengabdian ini berharap dengan adanya pelatihan pengoptimalisasian promosi berbasis digital ini pengurus dan pengelola Kampung Manggis bisa menjadikan kegiatan ini berkelanjutan untuk membangun sumber daya manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716-724.

Hanny, H., Agustina, L., Sari, E. P., Marpaung, E. I., Natalia, M., Carolina, V., ... & Halomoan, D. T. (2022). Analisis Potensi Desa Wisata di Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 98-107.

Henri, H., Lingga, R., Afriyansyah, B., & Irwanto, R. (2021). Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan taman wisata alam Gunung Permisan sebagai kawasan ekowisata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4).

Hendriadi, A. A. Sari, B. nurina, & Padilah, TN (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Kinanti, A., & Harsasto, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Tematik (Studi Kasus Kampung Tahu Tempe Gumregah di Kelurahan Lamper Tengah, Kota Semarang). Journal of Politic and Government Studies, 8(02), 21-30.

Oktavia, A. I. (2016). Pemantapan organisasi ekowisata dalam pengelolaan objek Wisata Alam Air Panas Cangar Kota Batu untuk mencapai kepuasan pengunjung. Agrika, 10(2).

Polonia, B. S. E., & Ravi, A. (2021). Pengembangan SDM Pokdarwis Desa Wisata Sungai Awan Kiri melalui Clean, Health, Safety, and Environmental Sustainbility (CHSE). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 511-519.

Pondrinal, M., Putra, R. A., & Purwasih, R. (2020). THE EFFECT OF PROMOTION AND TOURISM FACILITIES ON TOURIST INTERESTS AND ITS IMPACT ON TOURIST LOYALTY IN MANDEH TOURISM AREA (STUDY BASED TOURISM IN MANDEH TARUSAN AREA WEST SUMATERA). Jurnal Ipteks Terapan (Research Of Applied Science And Education), 14(4), 301-308.

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Suwarno, E., Yanti, R. N., & Supeno, B. (2022). Pendampingan Penyusunan Organisasi dan Kelembagaan Pengelola Obyek Wisata Alam Pulau Semut. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 725-735.

Windi, M. P., Listiana, S. M., & TYARA, D. P. (2021). PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PROFITABILITAS (Pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Hotel, dan Restoran yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2015-2019) (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Wiraseptya, T., Budiwaspada, A. E., & Rudiyanto, G. (2019). PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA RUMAH GADANG ISTANO BASA PAGARUYUNG MENGGUNAKAN QR CODE. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(2), 359-371

Published
2022-10-31
How to Cite
Pondrinal, M., Suardi, M., & Tedy, T. (2022). Optimalisasi Promosi Kampung Manggis Secara Digital Sebagai Potensi Agrowisata di Kota Padang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1406-1412. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10856
Abstract viewed = 224 times
PDF downloaded = 246 times