Peningkatan Literasi Membaca Bacaan Berbahasa Inggris dalam Lingkup Keluarga

  • Dwi Yulianto Nugroho Universitas Pelita Harapan
  • Juniarta Universitas Pelita Harapan
  • Ineke Patrisia Universitas Pelita Harapan
  • Yenni Ferawati Sitanggang Universitas Pelita Harapan
  • Ni Gusti Ayu Eka Universitas Pelita Harapan
Keywords: Bahasa Inggris, Lingkup Keluarga, Literasi, Literasi Membaca

Abstract

Praktik literasi membaca dalam lingkup keluarga sangat penting. Pandemi Covid-19 ini membuka peluang bagi orang tua dan juga anak-anak untuk bersinergi melakukan praktik literasi membaca bacaan berbahasa Inggris di rumah karena sebagian besar dari mereka tinggal dan beraktivitas di rumah. Namun, tidak semua orang tua atau calon orang tua mengetahui cara memulai dan mengembangkan praktik literasi membaca di rumah. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membantu peserta memahami manfaat membaca buku dan menjadi pembaca aktif. Selain itu, para peserta diharapkan dapat memulai praktik literasi membaca bacaan berbahasa Inggris bersama keluarga. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah webinar dengan adanya sesi pemaparan materi dari pembicara dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Secara keseluruhan, kegiatan PkM daring ini berjalan dengan baik dan peserta mendapatkan banyak ilmu dari program ini. Kegiatan PkM ini telah membantu para peserta untuk melakukan praktik literasi membaca bacaan berbahasa Inggris bersama keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anzari, P. P., Rozakiyah, D.S., & Pratiwi, S.S. (2021). Edukasi Literasi Media Digital Kepada Pengurus OSIS SMA Nasional Malang Untuk Pencegahan Cyberbullying di Masa Pandemi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1519-1528. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.5259
Candrasari, Y. C., Claretta, D., & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611-618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003
CaringforKids. (2020). Your child’s mental health. Diakses tanggal 4 September 2020 dari https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/mental_health
Celik, B. (2020). A study on factors affecting reading and reading habits of preschool children. International Journal of Linguistics, 10(1), 101-114.
Organization for Economic Cooperation and Development. PISA 2018 Report. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Robinson, K. (2011). Out of our minds: Learning to be creative (Rev. Ed.). West Sussex, England: Capstone.
Rivera, L. & Lavan, N. (2012). Family Literacy Practices and Parental Involment of Latin American Immigrant Mothers. Journal of Latinos and Education, 11(4), 247-259.
Rusli, D. (2021). Pelatihan Media Belajar Digital Bagi Guru SDIT Mutiara Pariaman Di Era New Normal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1226-1231. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7886
Slavin, R.E. (1997). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Swain, J., Brooks, G. & Bosley, S. (2013). The benefits of family literacy provision for parents in England. Journal of Early Childhood Research, 12(1), 77-91.
UNICEF. (2020). Convention of the Rights of Child. Diakses tanggal 3 September 2020 dari https://www.unicef.org/child-rights-convention/convention-text
Published
2022-09-05
How to Cite
Nugroho, D. Y., Juniarta, Patrisia, I., Ferawati Sitanggang, Y., & Gusti Ayu Eka, N. (2022). Peningkatan Literasi Membaca Bacaan Berbahasa Inggris dalam Lingkup Keluarga. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 925-930. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10949
Abstract viewed = 328 times
PDF downloaded = 270 times