- Product Diversification and Marketing Methods of Jamu Gendong in Kampung Jamu Semarang

DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN JAMU GENDONG DAN METODE PEMASARANNYA DI KAMPUNG JAMU SEMARANG

  • Aditya Marianti Universitas Negeri Semarang
  • R Susanti
  • Aji Purwinarko
  • Safira Chairani Dimarti
  • Fitri Arum Sasi
  • Atika Yuliantika
  • Azharu Alfi Hasani
  • Sinta Kurnia Rahmawati
Keywords: Kampung Jamu, Semarang, diversifikasi produk, pemasaran online

Abstract

Kampung jamu di kelurahan Wonolopo kecamatan Mijen Semarang adalah sentra produsen jamu Gendong. Wilayah pemasarannya masih di Semarang karena produk tidak awet, sehingga berpotensi menurunkan daya saing dengan produk pabrikan.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini adalah melatih keterampilan mitra membuat jamu serbuk yang berkualitas, mengemasnya dan dapat memasarkan produknya secara online sehingga wilayah pemasarannya lebih luas

Metode kegiatan PPM adalah pelatihan membuat jamu serbuk dan pengemasannya serta pelatihan pembuatan branding dan berjualan online.

Pelatihan dilaksanakan pada 15 Juli dan 3 September 2022, kepada 15 orang anggota Paguyuban produsen jamu gendong “Sumber Husodo”. Hasil pelatihan adalah peserta dapat mempraktekkan membuat jamu serbuk dan mengemasnya. Peserta pelatihan juga dapat membuat branding produk jamunya. Peserta juga dapat mempraktekkan penggunaan aplikasi berjualan online, menggunakan facebook, instagram dan tiktok. Simpulan dari kegiatan PPM ini adalah mitra memiliki bekal untuk melakukan diversifikasi produk dan memperluas wilayah pemasarannya, sehingga diharapkan dapat bertahan dan bersaing dengan produk jamu pabrikan.

Kata kunci: Kampung Jamu, Semarang, diversifikasi produk, pemasaran online

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriati dan Wahjudi, R.M.T. 2016. Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Vol. 29, No. 3, tahun 2016, hal. 133-145.
Gotama, B. dan Mahfud. 2015. Pengaruh Teknik Seeding terhadap Yield Kristal pada Kristalisasi Patchouli Alcohol dari Minyak Nilam. Seminar Nasional Teknologi (SENATEK) 2015. Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Khairunisa, L.F, Widyasanti, A. Nurjanah, S. 2019. Kajian Pengaruh Kecepatan Pengadukan terhadap Rendemen dan Mutu Kristal Patchouli Alcoholdengan Metode Cooling Crystallization Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol. 7 No. 1, Maret 2019, 55-66. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jkptb.2019.007.01.6
Majalah nyata. 2012. Jamu Gendong Sederhana Menyehatkan. http://nyata.co.id/tips/sehat/jamu- gendong-sederhana-menyehatkan/. Diakses tanggal 16 Juli 2022
Moriansyah, L. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196
Mukhsin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Teknokom Vol. 2 No. 1 : 1-10
Mulyani, S. Harsojuwono, B.A, Puspawati, G.A.K.D. 2014. Potensi Minuman Kunyit Asam (Curcuma Domestica Val. - Tamarindus Indica L.) Sebagai Minuman Kaya Antioksidan. Agritech, Vol. 34, No. 1: 65-76
Nastain, M. 2017. Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk, Channel, Vol. 5, No. 1, April 2017, hal. 14-26
Rosidah, R., Kusumastuti, A., Widodo, R.D, 2018. Pemberdayaan Perajin Jamu Tradisional Untuk Mendukung Program Desa Wisata Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Rekayasa. Vol. 16 No. 1:69-76
Silalahi, M. 2019. Kencur (Kaempferia galanga) Dan Bioaktivitasnya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 8(1):127-139. DOI: 10.31571/saintek.v8i1.1178
Suryani, A.I, Ningsih, S.R., Darwas, FR., Rahimullaily. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Produk Kampung Akrilik. Dinamisisa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 1 No Desember 2017: 1-4. DOI:https://doi.org/10.31894/dinamisia.v3i2
Torri, M.C. 2013. Knowledge and Risk Perceptions of Traditional Jamu Medicine among Urban Consumers. Department of Sociology University of New Brunswick Canada. 3(1): 25-39.
Untari, D dan Fajariana, D. E. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta Jurnal Sekretari dan Manajemen. Vol 2 No 2: 271-278
Wibowo, A.W.2022. Jamu Masuk Nominasi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. https://jateng.inews.id/berita/jamu-masuk-nominasi-warisan-budaya-tak-benda-unesco
Wulandari, R.A. dan Azrianingsih, R. 2014. Etnobotani Jamu Gendong Berdasarkan Persepsi Produsen Jamu Gendong di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Jurnal Biotropika | Vol. 2 No. 4: 198-203
Published
2024-02-28
How to Cite
Marianti, A., Susanti, R., Purwinarko, A., Dimarti, S. C., Sasi, F. A., Yuliantika, A., Hasani, A. A., & Rahmawati, S. K. (2024). - Product Diversification and Marketing Methods of Jamu Gendong in Kampung Jamu Semarang: DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN JAMU GENDONG DAN METODE PEMASARANNYA DI KAMPUNG JAMU SEMARANG. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 304-311. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.11605
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times