Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak

Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak

  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri
  • Faradillah Faradillah Universitas Indo Global Mandiri
  • Jinal Jinal Universitas Indo Global Mandiri
Keywords: e-commerce, UMKM, Pelatihan

Abstract

Dinamika perekonomian yang tidak lepas dari kemajuan teknologi, inovasi, infrastuktur dan produktivitas tidak dapat terhindari lagi. Terutama pagi pelaku usaha kerupuk kemplang di Desa Lembak. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi mengenai pentingnya e-commerce bagi pelaku usaha kerupuk kemplang. Berdasarkan hasil survei awal menunjukkan permasalahan yang terjadi pada pelaku usaha Desa Lembak yaitu kurangnya pemahaman tentang e-commerce. Kegiatan ini diikuti oleh 35 pelaku usah dan dilaksanakan dengan memberikan pelatihan terkait e-commerce. Untuk mengukur tingkat pemahaman dan keberhasilan kegiatan ini, maka peserta diberikan kuisioner pretest dan post test. Kegiatan ini adanya menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pentingnya e-commerce dari 40% menjadi 80%, dimana e-commerce dapat dimanfaatkan mitra untuk peningkatan kegiatan bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin, A. (2021) ‘Analisis strategi UMKM dalam menghadapi krisis di era pandemi covid -19’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), pp. 1–208.

Arisandi, Y. T. (2014) ‘Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam PerkembaganUsaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal dan Sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo’, Administrasi Negara, pp. 1–8.

Canover, R. S. and Kartikasari, D. (2021) ‘Penetration of imported products on e-commerce platform in indonesia and strategies for improving local product competitiveness’, International Journal of Economics, Business, and Accounting Research (IJEBAR), 5(1), pp. 23–33. Available at: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR.

Hariono, T. et al. (2021) ‘PKM Pembuatan E-Commerce Desa Banjarsari’, Jumat Informatika …, 2(2), pp. 2–6.

Julianti, R. and Lismula, A. (2022) ‘Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Provinsi Nusa Tenggara Barat’, 1(2), pp. 107–118.

Maulana, S. M., Susilo, H. and Riyadi (2015) ‘Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online’, Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp. 1–9.

Nurdiawan, O., Pratama, F. A. and Rahaningsih, N. (2020) ‘PKM E-Commerce Kampung Keluarga Berencana Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon’, Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(1), pp. 1–8. doi: 10.35970/madani.v2i1.46.

Pradana, M. (2016) ‘Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia’, Modus, 27(2), p. 163. doi:

24002/modus.v27i2.554.

Pratiwi, S. S., Anzari, P. P. and Rozakiyah, D. S. (2022) ‘Strategi Penjualan Kerupuk Samiler Milernial dengan Aplikasi E-commerce’, Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 10(1), pp. 17–27. doi: 10.18196/berdikari.v10i1.12552.

Rahmatika, R., Dhika, H. and Isnain, N. (2020) ‘Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong’, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), p. 218. doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614.

Ramadhani, F. and Arifin, Y. (2013) ‘Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015’, Economics Development Analysis Journal, 2(4), pp. 446–455.

Riyanto, Galuh Putri. 2021. Kompas.com. Jumlah Pengguna Aplikasi Marketplace Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia. https://tekno.kompas.com/read/2021/10/18/14130097/jumlah-pengguna-aplikasi-marketplace-indonesia-terbesar-ketiga-di-dunia?page=all. diakses pada 29 Oktober 2022

Rizaty, Monavia Ayu. 2021. Katadata. Jumlah Pengunjung Situs E-commerce di Asia Tenggara 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/21/sepanjang-2021-shopee-kuasai-e-commerce-asia-tenggara. diakses pada 29 Oktober 20

Suprianto (2012) ‘Sistem informasi penjualan kerupuk berbasus web pada perusahaan kerupuk rusa Magelang’, naskah publikasi.

Trisnawarman, D. (2021) ‘Pembuatan Aplikasi Ecommerce Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Waroeng Bu Dhev’, Https://Medium.Com/. Available at: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Widagdo, P. B. (2016) ‘Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia’, Researchgate.Net, (December), pp. 1–10. Available at: https://www.researchgate.net/publication/311650384.

Published
2022-12-29
How to Cite
Endah Dewi Purnamasari, Anggraini, L. D., Faradillah, F., & Jinal, J. (2022). Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak: Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1511-1516. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11751
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 251 times