Alternative Feed with Fermented Kayambang to Reduce Cholesterol Levels and Increase the Antioxidant Content of Duck Eggs and Meat in Batee Puteh Village, Langsa, Aceh

Pakan Alternatif dengan Kayambang Fermentasi Sebagai Penurun Kadar Kolesterol dan Peningkat Kandungan Antioksidan Telur dan Daging Itik di Desa Batee Puteh, Langsa, Aceh

  • Hanisah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Samudra
  • Nurjannah Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra
  • Mentari Darma Putri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra
  • Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Samudra
Keywords: Alternative Feed, Fermented Kayambang, Cholesterol, Antioxidants, Ducks

Abstract

Hasil survei awal yang dilakukan oleh tim pengabdian, permasalahan yang dihadapi oleh mitra peternak itik di Desa Batee Puteh, Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh yaitu: 1) Kurangnya pemahaman mitra tentang budidaya ternak itik yang dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas telur serta daging itik; 2) Pengeluaran untuk pakan ternak yang terbilang cukup mahal sehingga diperlukan alternatif pakan dari bahan alami. Kayambang dapat dimanfaatkan untuk bahan membuat pakan ternak yang kaya nutrisi. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian berupa: 1) Penyuluhan mengenai cara meningkatkan produktivitas dan kualitas telur serta daging itik; 2) Pelatihan dan pendampingan mitra dalam pembuatan pakan dari fermentasi kayambang. Hasil dari kegiatan yaitu mitra mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat pakan dari kayambang sebesar 39,3 %; tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatan PKM yaitu sebesar 47,35 % untuk kategori sangat setuju dan 52,65 % lainnya setuju dan berharap keberlanjutan program untuk kegiatan pemberdayaan lainnya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. (2016). Kajian Potensi Kiyambang (Salvinia Molesta) Sebagai Pakan Alternatif Ternak Unggas. Mataram: Universitas Mataram.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. (2021). Pakan Itik. Diakses 10 April 2023 dari http://dkpp.jabarprov.go.id/post/691/pakan-itik.

Emilia, W. (2017). Efek Penggantian Bekatul Dengan Tepung Kayambang (Salvinia Molesta) Dalam Pakan Terhadap Kecernaan Protein Dan Energi Metabolis Ayam Pedaging. Malang: Universitas Brawijaya.

Lutfiana, Y., Suyadi, S.A.I., Prafitri, R., & Pt, S. (2021). Potensi Pengembangan Peternakan Itik Pedaging Di Kabupaten Jombang. Malang: Universitas Brawijaya

Pratama, F.H., & Kusmartono, B. (2019). Pembuatan Pupuk Cair Organic dari Kiambang (Salvinia molesta) (Variabel Penambahan EM4 dan Lama Waktu Fermentasi). Jurnal Inovasi Proses, 4(2), 49-55.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (2017). Mengenal Salvinia molesta si penyerbu Ranupani. Diakses 10 April 2023 dari http://bromotenggersemeru.org/article/mengenal-salvinia-molesta.

Mardiana, T., Warsiki, A.Y.N., Heriningsih, S. (2020). Menciptakan Peluang Usaha Ecoprint Berbasis Potensi Desa Dengan Metode RRA dan PRA. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0” ISSN: 2654-8607.

Oktapia, E., Suci, D.M., Hermana, W. (2016). Pemberian Tumbuhan Kayambang (Salvinia molesta) pada Pakan Itik dengan Sistem Pemeliharaan Intensif dan Ekstensif di Peternakan Rakyat. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Pratama, F.H., & Kusmartono, B. (2019). Pembuatan Pupuk Cair Organic dari Kiambang (Salvinia molesta)(Variabel Penambahan EM4 dan Lama Waktu Fermentasi). Jurnal Inovasi Proses, 4(2), 49-55.

Ratya, N., Atmomarsono, U., Suprijatna, E. (2015). Penggunaan Kayambang (Salvinia Molesta) yang Difermentasi dengan Aspergillus Niger dalam Ransum terhadap Kualitas Fisik Telur Itik Lokal (Using of kayambang (Salvinia molesta) fermented with Aspergillus niger in the Diet on Physical Quality of Local Duck E. Animal Agriculture Journal, 4 (1), 98-103.

Setiawati, T., Atmomarsono, U., Dwiloka, B. (2016). Kadar Lemak dan Profil Asam Lemak Jenuh, Asam Lemak Tak Jenuh Daging Ayam Broiler dengan Pemberian Pakan mengandung Tepung Daun Kayambang (Salvinia molesta). Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 9 (2), 1-8.

Siswanto, I.S., Susanti, S., Setiadi, A., Mulyono, A.D. (2016). Formula Pengkaya Pakan Itik Pedaging Yang Mengandung Gulma Air Kayambang (Salvinia Molesta) Fermentasi (FSM) Untuk Meningkatkan Kandungan Antioksidan dan Menurunkan Kadar Kolesterol Daging Itik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Published
2023-12-26
How to Cite
Hanisah, Nurjannah, Mentari Darma Putri, & Basriwijaya, K. M. Z. (2023). Alternative Feed with Fermented Kayambang to Reduce Cholesterol Levels and Increase the Antioxidant Content of Duck Eggs and Meat in Batee Puteh Village, Langsa, Aceh: Pakan Alternatif dengan Kayambang Fermentasi Sebagai Penurun Kadar Kolesterol dan Peningkat Kandungan Antioksidan Telur dan Daging Itik di Desa Batee Puteh, Langsa, Aceh. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1547-1556. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i6.15925
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 15 times