INLISLite (Integrated Library System) Version 3 Based Library Management Training in School Libraries within the Scope of the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu

Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Berbasis INLISlite (Integrated Library System) Versi 3 di Perpustakaan Sekolah dalam Lingkup Binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu

  • Ach. Nizam Rifqi Nizam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Wahyu Hariyanto
  • Firma Sahrul Bahtiar
  • Fakhris Khusnu Reza Mahfud
  • Firman Jati Pamungkas
Keywords: INLISLite versi 3, Manajemen Perpustakaan, Sistem Otomasi Perpustakaan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan perubahan mendasar dalam paradigma pembelajaran, khususnya dalam dunia pendidikan. Learning resources, terutama yang berbasis teknologi, memiliki peran krusial dalam mendukung sistem pembelajaran. Artikel ini membahas konsep learning resources, dengan penekanan pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Implementasi sistem otomasi perpustakaan, seperti INLISLite versi 3, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan perpustakaan. Studi kasus dilakukan dengan mengadopsi INLISLite versi 3 sebagai sistem otomasi perpustakaan. Metode pelatihan klasikal digunakan, dengan fokus pada pengembangan keterampilan staf pengelola perpustakaan sekolah. Kegiatan pelatihan mencakup pengenalan, instalasi, administrasi, pengelolaan bahan pustaka, pengaturan pengelolaan anggota, transaksi, dan layanan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penerimaan terhadap sistem informasi setelah pelatihan.Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman implementasi teknologi informasi dalam konteks perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Penerapan INLISLite versi 3 di perpustakaan sekolah dianggap sebagai langkah strategis untuk mewujudkan perpustakaan yang efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akeroyd, J., & Cox, A. (1999). Integrated library management systems: overview. Vine, 29(2), 3–10. https://doi.org/10.1108/eb040713
Anas, M., Iqbal, J., & & Ahmad, P. (2014). Impact of automation on library services in selected management institutes at Aligarh: A survey. Electronic Library, 32(3), 296–307. https://doi.org/10.1108/EL-11-2011-0157
Chen, H. liang, & Albee, B. (2012). An open source library system and public library users: Finding and using library collections. Library and Information Science Research, 34(3), 220–227. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2011.12.001
Chowdhury, G. G. (2010). Introduction to modern information retrieval. Facet Publishing.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Darmono. (2001). Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Davis, F. D. (1989). Preceived usefulness, preceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 12–18. https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/view/25/25
Fahrizandi. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu, 4(1), 63–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66
Fojtik, R. (2014). Mobile Technologies Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 342–346. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.417
Hartati, S., Nurdin, D., & Suryana, A. (2023). Penerapan digital leadership untuk meningkatkan kesadaran digital di Perguruang Tinggi. 7(6), 1663–1669. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/16114/5762
Kochtanek, Thomas R. & Matthews, J. R. (2002). Library Information Systems: from library automation to distributed information access solutions. Adivision of Greenwood Publishing Group.
Pendit, P. L. (2009). Perpustakaan Digital: kesenimbungan & dinamika. Citakaryasa.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2016a). INLISLite: Integrated library system. https://inlislite.perpusnas.go.id/?read=tentanginlislitev3
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2016b). Pedoman RDA: resources description and access. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2016c). Usur manual INLISLite versi 3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://inlislite.perpusnas.go.id/download/usermanual/penggunaan/panduan_rev16062016_penggunaan_inlislitev3_php.pdf
Rifqi, A. N. (2022). Pengembangan Layanan Informasi Berbasis ILL ( Inter Library Loan ) di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 249–262. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.4928
Rubin, R. E., & Rubin, R. G. (2020). Foundations library and information science (Fifth Edit). ALA Neal-Schuman.
Weisberg, M. (2017). The patron driven library: a practical Guide for managing collections and services. ABC-CLIO.
Published
2024-06-26
How to Cite
Nizam, A. N. R., Hariyanto, W., Bahtiar, F. S., Mahfud, F. K. R., & Pamungkas, F. J. (2024). INLISLite (Integrated Library System) Version 3 Based Library Management Training in School Libraries within the Scope of the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu: Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Berbasis INLISlite (Integrated Library System) Versi 3 di Perpustakaan Sekolah dalam Lingkup Binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 778-792. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i3.18691
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times