Inovasi Limbah Plastik dan Kulit Kopi Menjadi Paving Block di Desa Penakir Pemalang

  • Saufik Luthfianto Teknik Industri Universitas Pancasakti Tegal
  • Nisrina Nurkhanifah Universitas Pancasakti Tegal
  • I’anatul Maula Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Limbah Plastik, Limbah Kulit Kopi, Paving Block

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di desa Penakir Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Berdasar hasil survey yang telah dilakukan ditemukan beberapa masalah di desa Penakir yaitu sekitar 85% limbah plastik dan dan 75% limbah kulit kopi yang terbuang sia-sia, sisa 25% limbah kopi digunakan untuk pakan ternak. Oleh karena itu, dari berbagai survey dan keberlanjutan program masyarakat maka mendaur ulang limbah plastik dan mengoptimalkan limbah kulit kopi menjadi program yang maksimal yaitu merancang dan memproduksi menjadi paving blok. Alat dan bahan yang akan digunakan anatara lain alat pres paving blok, pengaduk, wadah pembakaran dan tungku. Sedangkan bahannya yaitu limbah plastik, limbah kulit kopi, oli bekas dan pasir, kemudian dilakukan praktik pembuatan secara langsung dengan menggunakan takaran bahan yang tepat serta dilakukan uji tekan paving blok. Sosialisasi pemanfataan sampah plastik dan limbah kulit kopi menjadi paving blok menjadi program akhir dari kegiatan ini. Dari adanya hasil prosentase di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sosialisasi pemanfaatan sampah plastik dan limbah kulit kopi menjadi paving blok dapat disimpulkan berhasil dalam praktek dan pembuatan yang secara langsung dilakukan oleh masyarakat di Desa Penakir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, Y. (2015). UNTUK BAHAN TAMBAHAN PEMBUATAN PAVING BLOCK. 4(2), 125–129.

Asih, E. R., & Arsil, Y. (2019). Penerapan cara produksi pangan yang baik pada irt bawang goreng kota pekanbaru 1,2. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dinamisia, 3(2), 221–227.

Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Pelatihan Komunikasi Pariwisata Berbasis Media Sosial (Instangram) Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Padjajaran, 2(12), 1–6.

Buana, P. A. D. I. (2019). Gambar 3 . Paving Block Sampah Plastik. 2, 17–19.

Burhanuddin, Basuki*, M. D. (1996). * Teknik Lingkungan Institut Teknologi Yogyakarta USE OF USED PLASTIC WASTE FOR MAJOR MATERIALS OF PAVING BLOCK Plastik adalah senyawa polimer alkena dengan bentuk molekul sangat besar . Istilah plastik menurut pengertiaan kimia , mencakup produk polimeri. 18(1), 1–7.

Fuad, Z. (2018). Perancangan Alat Pelumas Cetakan Paving Block Dengan Sistem Pengungkit Pada Mesin Pengolah Limbah.

Gusniar, I. N. (2018). Metode Pembuatan Paving Block Segi Enam Berbahan Sampah Plastik Dengan Mesin Injection Molding. Jurnal Barometer, 3(2), 130–133.

Hardianto, R., Afriansyah, & Syam, F. A. (2019). Merakit lampu pintar menggunakan micro controller arduino uno. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dinamisia, 3(2), 330–339.

Indrawijaya, B., Wibisana, A., Setyowati, A. D., Iswadi, D., & Naufal, D. P. (2019). Pemanfaatan Limbah Plastik Ldpe Sebagai Pengganti Agregat Untuk Pembuatan Paving Blok Beton. Jurnal Ilmiah Teknik Kimia UNPAM, 3(1), 1–7.

Luthfianto, S. (2012). Membangun Narasi Skenario Industrialisasi Sampah Organik Menjadi Biogas Di Indonesia. Jurnal Engineering, 4(1), 65–74. Retrieved from http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/eng/article/viewFile/116/122

Sibuea, A. F., & Tarigan, J. (2013). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Bahan Eco Plafie (Economic Plastic Fiber) Paving Block Yang Berkonsep Ramah Lingkungan Dengan Uji Tekan, Uji Kejut Dan Serapan Air. Jurnal Teknik Sipil USU, 2(2), 1–8.

Widodo, S., Nyoman, N., Marleni, N., & Firdaus, N. A. (2018). Pelatihan Pembuatan Paving Block dan Eco-Bricks dari Limbah Sampah Plastik di Kampung Tulung Kota Magelang. Jurnal Community Empowerment, 3(2), 63–66. Retrieved from http://journal.ummgl.ac.id/index.php/community_empowerment/article/view/2460

Published
2020-03-31
How to Cite
Luthfianto, S., Nisrina Nurkhanifah, & I’anatul Maula. (2020). Inovasi Limbah Plastik dan Kulit Kopi Menjadi Paving Block di Desa Penakir Pemalang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 176-185. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3577
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 57 times