Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa SMA Harapan 3 Dengan Metode Context Clues
Abstract
Kemampuan memahami teks bacaan dapat memudahkan siswa menguasai materi teks yang diajarkan. Namun, kenyataanya, siswa belum merespon dengan baik kegiatan membaca dengan pemahaman ini. Hal ini disebabkan kurangnya peranan guru dalam memberikan media yang efektif dan metode yang efisien dalam membantu siswa memahami teks bacaan. Padahal membaca dengan pemahaman merupakan faktor penting menentukan penguasaan siswa terhadap materi teks yang diajarkan. Sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa adalah dengan menggunakan metode membaca petunjuk konteks (context clues). Metode ini dapat digunakan untuk memudahkan siswa memahami teks bacaan menerapkan beberapa tahapan metode berupa sinonim, antonim, example and explanation. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengadian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman siswa SMA Harapan 3 Delitua menggunakan metode context clues. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, diskusi, dan pelatihan pemahaman teks bacaan bahasa Inggris menerapkan context clues. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap teks bacaan berbahasa Inggris menerapkan context clues.
Downloads
References
Ahmad, S. N., Muhammad, A. M., & Kasim, A. M. (2018). Contextual Clues Vocabulary Strategies Choice among Business Management Students. English Language Teaching, 11(4), 107-116.
Carter, R. and McCarthy, M. (1988). Vocabulary and Language Teaching. Longman.
Gill, S. R., & Islam, C. (2011). Shared reading goes high‐tech. The Reading Teacher, 65(3), 224-227.
Humes, A. (1978). Structures, signals, and cognitive processes in context clues. Research in the Teaching of English, 12(4), 321–334.
Juliana, J. (2018). The Comparative Impacts of Using Lexical Glossing and Inferencing Strategies on Students’ Reading Comprehension. Advances in Language and Literary Studies, 9(1), 1–5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.1p.1
Juliana, J. (2018). The Effect of Lexical Inferencing Strategies on Students’ Reading Comprehension. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 1(2), 126–143.
Mahmoud, S. S. (2015). How contextual clues and nonsense words facilitate reading comprehension. Journal of Language Teaching and Research, 7(1), 88-98.
McCullough, C. M. (1943). Learning to use context clues. The Elementary English Review, 20(4), 140-143., 20(4), 140–143.
Rainey, E., & Moje, E. B. (2012). Building insider knowledge: Teaching students to read, write, and think within ELA and across the disciplines. English Education, 45(1), 71–90.
Yendri, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PADA MATERI CERITA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN STRATEGI WHAT MY LINE SISWA KELAS VII.1 SMPN 21 KOTA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 129-134. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1076
Irma, J. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA PENDEK (CERPEN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IX.4 SMPN 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61-67. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1092