Pemberdayaan Siswa Melalui Penerapan Program Health Promotion Model Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

  • Reza Indra Wiguna Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Menap Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Lalu Hersika Asmawariza Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Lalu Muhammad Sadam Husen
  • D Mustamu Kamal Pa'ni Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Suswinda Yulisutomo Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Lia Arian Apriani Fakultas Kesehatan, Universitas Qamarul Huda Badaruddin
Keywords: Covid-19, Health Promotion Model, Madrasah, Siswa

Abstract

Model promosi kesehatan merupakan model konsep perubahan sikap dan perilaku yang ditandai dengan meningkatnya pengetahuan tentang informasi kesehatan pada seseorang. Model ini digunakan pada saat kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan kelompok siswa dalam upaya penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di sekolah. Sasaran kegiatan pemberdayaan ini adalah siswa-siswi yang tergabung dalam organisasi PMR, UKS dan OSIM Madrasah Aliyah Qamarul Huda Lombok Tengah yang terdiri dari 20 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Kegiatan pengabdian ini diberikan dalam bentuk pendidikan kesehatan dan pelatihan. Materi edukasi yang diberikan seputar; Covid-19; penularan Covid-19 di lingkungan sekolah; kemudian materi protokol kesehatan 5M, materi tersebut disampaikan dengan metode ceramah, sedangkan materi simulasi dan pelatihan yang telah dilakukan mengenai; latihan 6 langkah cuci tangan; cara membuat hand sanitizer; dan mensimulasikan cara menggunakan masker dengan benar. Kegiatan pemberdayaan siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda melalui penerapan program HPM (Health Promotion Model) memberikan dampak positif yaitu dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang cara penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. PROSPECTS, 49(1), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Dinkes Prov.NTB. (2021). Data COVID-19 NTB. https://corona.ntbprov.go.id/

Dong, L., & Bouey, J. (2020). Public Mental Health Crisis during COVID-19 Pandemic, China. Emerging Infectious Diseases, 26(7), 1616–1618. https://doi.org/10.3201/eid2607.200407

Endang, T., Iskandar, A., & Saryono. (2012). Pengaruh Aplikasi Health Promotion Model Terhadap Peningkatan Kualitas Kelompok Peduli Hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 5(2), 105–114. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2012.7.2.363

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ITAGI, WHO, & UNICEF. (2020). Survei Penerimaan Vaksin COVID-19 di Indonesia. Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, November, 1–26.

Pender, N. J. (2015). Health Promotion in Nursing Practice (Seventh Ed). Pearson Education, Inc.

Sagala, S. H., Maifita, Y., & Armaita. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Covid-19: A literature Review. Jurnal Menara Medika, 3(1), 46–53. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index JMM 2020 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862

Suriani, & Hermansyah. (2014). Pengaruh Peer Group terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan, 23–29. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIK/article/view/5186/4352

WHO. (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV): situation report, 19. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/330988

Wiranti, W., Ayun Sriatmi, & Wulan Kusumastuti. (2020). Determinan Kepatuhan Masyarakat Kota Depok terhadap Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Pencegahan Covid-19. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI, 09(03), 117–124. https://journal.ugm.ac.id/jkki/article/view/58484.

Published
2021-08-24
How to Cite
Wiguna, R. I., Menap, Asmawariza, L. H., Husen, L. M. S., Pa’ni, D. M. K., Yulisutomo, S., & Apriani, L. A. (2021). Pemberdayaan Siswa Melalui Penerapan Program Health Promotion Model Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7176
Abstract viewed = 1754 times
PDF downloaded = 1069 times