Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat di bawah lembaga LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA merupakan kegiatan yang mengintegrasikan Tri Dharma Pendidikan ke dalam satu paket program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan melalui pendekatan pemberdayaan. Kegiatan PKM ini ditujukan kepada Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Depok dengan menggunakan aplikasi Zoom yang memiliki pemahaman bahwa kecerdasan buatan dapat menghilangkan profesi akuntansi. Solusi yang diberikan oleh tim pengusul berdasarkan diskusi dengan kepala sekolah adalah memberikan pelatihan dan pemahaman bahwa kecerdasan buatan bukan menjadi penghalang untuk memulai profesi sebagai akuntan. Kami berharap dengan adanya kegiatan PKM ini, mitra kami bertambah pengetahuan dan pemahaman akan kecerdasan buatan yang berdampak pada profesi akuntan bagi Generasi Z.
Downloads
References
Barclays. (2018). Will robots take our jobs? Impact Series. https://www.investmentbank.barclays.com/content/dam/barclaysmicrosites/ibpublic/documents/our-insights/Robots-at-the-gate/Barclays-IB_Will-Robots-Take-Our-Jobs_Infographic-1.6MB.pdf.
Barovih, G., & Sugara, E. P. A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 152–160.
Bond. (2020, November 17). Ilmu Akuntansi, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata? Satuan Pengawas Internal Universitas Diponegoro. https://spi.undip.ac.id/2020/11/17/ilmu-akuntansi-akankah-tergantikan-kecerdasan-buatan-dan-mahadata/
Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 1–153. www.freepik.com
Manyika, J. (2017). A future that work : Amazing progress in AI and Automation. Mckinsey, June.
Marzal, J. (2019). Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Meresponnya. Humas Unja. https://www.unja.ac.id/2019/08/19/revolusi-industri-4-0-bagaimana-meresponnya/
Putra, N. E. (2019). Inilah yang Harus Disiapkan oleh Profesi Akuntan untuk Generasi Milenial Era Digital. Public Relation of Faculty of Economics & Business. https://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/09/19/inilah-yang-harus-disiapkan-oleh-profesi-akuntan-untuk-generasi-milenial-era-digital/
Singh, S., & Sukhvinder, S. (2010). Artificial Intelligence. International Journal of Computer Applications, 6(pp), 21–211. http://www.ijcaonline.org/volume6/number6/pxc3871413.pdf
Triatmaja, M. F., Acc, M., Acpa, A., Program, *, Akuntansi, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Pekalongan, P. (2019). Seminar Nasional dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta DAMPAK ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA PROFESI AKUNTAN. Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019, 6(https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11422), 1007–1019.
WEF. (2018). The Future of Jobs Report 2018. In Economic Development Quarterly (Vol. 31, Issue 2).
Wijayana, D. S. (2018). Benarkah Peran Akuntan Digantikan Oleh Teknologi (Informasi)? EB NEWS. https://feb.ugm.ac.id/en/research/lecturer-s-article/2886-benarkah-peran-akuntan-digantikan-oleh-teknologi-informasi