Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z

  • Ade Maya Saraswati Universitas Muhammadiyah PROF. DR.HAMKA
  • Arif Widodo Nugroho Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
Keywords: Profesi Akuntansi, Kecerdasan Buatan, Tantangan dan Problemetika

Abstract

     Pengabdian kepada masyarakat di bawah lembaga LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA merupakan kegiatan yang mengintegrasikan Tri Dharma Pendidikan ke dalam satu paket program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan melalui pendekatan pemberdayaan.  Kegiatan PKM ini ditujukan kepada Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Depok dengan menggunakan aplikasi Zoom yang memiliki pemahaman bahwa kecerdasan buatan dapat menghilangkan profesi akuntansi. Solusi yang diberikan oleh tim pengusul berdasarkan diskusi dengan kepala sekolah adalah memberikan pelatihan dan pemahaman bahwa kecerdasan buatan bukan menjadi penghalang untuk memulai profesi sebagai akuntan. Kami berharap dengan adanya kegiatan PKM ini, mitra kami bertambah pengetahuan dan pemahaman akan kecerdasan buatan yang berdampak pada profesi akuntan bagi Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barclays. (2018). Will robots take our jobs? Impact Series. https://www.investmentbank.barclays.com/content/dam/barclaysmicrosites/ibpublic/documents/our-insights/Robots-at-the-gate/Barclays-IB_Will-Robots-Take-Our-Jobs_Infographic-1.6MB.pdf.

Barovih, G., & Sugara, E. P. A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 152–160.

Bond. (2020, November 17). Ilmu Akuntansi, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata? Satuan Pengawas Internal Universitas Diponegoro. https://spi.undip.ac.id/2020/11/17/ilmu-akuntansi-akankah-tergantikan-kecerdasan-buatan-dan-mahadata/

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 1–153. www.freepik.com

Manyika, J. (2017). A future that work : Amazing progress in AI and Automation. Mckinsey, June.

Marzal, J. (2019). Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Meresponnya. Humas Unja. https://www.unja.ac.id/2019/08/19/revolusi-industri-4-0-bagaimana-meresponnya/

Putra, N. E. (2019). Inilah yang Harus Disiapkan oleh Profesi Akuntan untuk Generasi Milenial Era Digital. Public Relation of Faculty of Economics & Business. https://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/09/19/inilah-yang-harus-disiapkan-oleh-profesi-akuntan-untuk-generasi-milenial-era-digital/

Singh, S., & Sukhvinder, S. (2010). Artificial Intelligence. International Journal of Computer Applications, 6(pp), 21–211. http://www.ijcaonline.org/volume6/number6/pxc3871413.pdf

Triatmaja, M. F., Acc, M., Acpa, A., Program, *, Akuntansi, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Pekalongan, P. (2019). Seminar Nasional dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta DAMPAK ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA PROFESI AKUNTAN. Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019, 6(https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11422), 1007–1019.

WEF. (2018). The Future of Jobs Report 2018. In Economic Development Quarterly (Vol. 31, Issue 2).

Wijayana, D. S. (2018). Benarkah Peran Akuntan Digantikan Oleh Teknologi (Informasi)? EB NEWS. https://feb.ugm.ac.id/en/research/lecturer-s-article/2886-benarkah-peran-akuntan-digantikan-oleh-teknologi-informasi

Published
2021-12-28
How to Cite
Saraswati, A. M., & Arif Widodo Nugroho. (2021). Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1573-1578. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8005
Abstract viewed = 870 times
PDF downloaded = 1010 times