Peningkatan Kemampuan Apoteker sebagai Peneliti dalam Upaya Antimicrobial Resistance Awareness

Enhancing Pharmacist's Ability as Researchers as Antimicrobial Resistance Awareness

  • Kartika Citra Dewi Permata Sari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2026-333X
  • Nanda Puspita Politeknik Kesehatan Jakarta 2
  • Tunggul Adi Purwonugroho Jurusan Farmasi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Zamharira Muslim Politeknik Kesehatan Bengkulu
  • Ika Mustikaningtias Jurusan Farmasi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Fitria Nur Hidayah Subkomite PRA, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo
Keywords: antimikroba, apoteker, FGD, penelitian

Abstract

Hingga saat ini, resistensi antimikroba masih menjadi masalah akibat ketidakrasionalan penggunaan antimikroba. Diperlukan minat dan pemahaman dari praktisi Apoteker untuk meneliti terkait antimikroba sehingga dapat berkontribusi terhadap penyelesaian masalah tersebut. Akan tetapi, penelitian lebih umum dilakukan oleh para akademisi dibandingkan dengan praktisi. Oleh sebab itu, dirancang sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan minat dan pemahaman praktisi Apoteker terkait penelitian antimikroba. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Focus Group Discussion (FGD) yang diawali dengan paparan ilmiah oleh narasumber. Peserta di setiap kelompok diatur terdiri dari gabungan akademisi dan praktisi Apoteker. Pada sesi FGD, praktisi Apoteker memaparkan permasalahan terkait antimikroba berdasarkan pengalaman kerjanya. Para akademisi berkontribusi untuk menyusun permasalahan menjadi sebuah kerangka penelitian yang dapat diaplikasikan. Berdasarkan post-assessment, kegiatan FGD antara akademisi dan praktisi terbukti meningkatkan minat dan pemahaman peserta terkait penelitian antimikroba. Kolaborasi antara akademisi dan praktisi perlu ditingkatkan untuk mengatasi masalah praktikal termasuk resistensi antimikroba.     

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acocella, I. (2012). The focus groups in social research: Advantages and disadvantages. Quality and Quantity, 46(4), 1125–1136. https://doi.org/10.1007/s11135-011-9600-4

Ayukekbong, J. A., Ntemgwa, M., & Atabe, A. N. (2017). The threat of antimicrobial resistance in developing countries: Causes and control strategies. Antimicrobial Resistance and Infection Control, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s13756-017-0208-x

Bartunek, J. M., & Rynes, S. L. (2014). Academics and Practitioners Are Alike and Unlike: The Paradoxes of Academic-Practitioner Relationships. Journal of Management, 40(5), 1181–1201. https://doi.org/10.1177/0149206314529160

De Pelecijn, L., & Feys, Y. (2021). Stepping out of the Comfort Zone? Challenges, Advantages and Good Practices When Conducting Academic-Practitioner Research. Journal of Policy Practice and Research, 2(3), 178–193. https://doi.org/10.1007/s42972-021-00029-y

Drăghicescu, L. M., Petrescu, A.-M., Cristea, G. C., Gorghiu, L. M., & Gorghiu, G. (2014). Application of Problem-based Learning Strategy in Science Lessons – Examples of Good Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149, 297–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.245

Harbarth, S., Balkhy, H. H., Goossens, H., Jarlier, V., Kluytmans, J., Laxminarayan, R., Saam, M., Van Belkum, A., & Pittet, D. (2015). Antimicrobial resistance: One world, one fight! Antimicrobial Resistance and Infection Control, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s13756-015-0091-2

Mahoney, A. R., Safaee, M. M., Wuest, W. M., & Furst, A. L. (2021). The silent pandemic: Emergent antibiotic resistances following the global response to SARS-CoV-2. IScience, 24(4), 102304. https://doi.org/10.1016/j.isci.2021.102304

McCabe, A., Osegowitsch, T., Parker, R., & Cox, S. (2021). Knowledge co-production in academic-practitioner research collaboration: An expanded perspective on power. Management Learning. https://doi.org/10.1177/1350507620988431

O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860

Prahati, Zuhdi, S., & Aguswan. (2017). Penyuluhan Penyusunan Rencana Pembangunan Desa di Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dinamisia, 1(1), 94–99.

Sakeena, M. H. F., Bennett, A. A., & McLachlan, A. J. (2018). Enhancing pharmacists’ role in developing countries to overcome the challenge of antimicrobial resistance: A narrative review. Antimicrobial Resistance and Infection Control, 7(1). https://doi.org/10.1186/s13756-018-0351-z

Sweileh, W. M. (2021). Global research publications on irrational use of antimicrobials: call for more research to contain antimicrobial resistance. Globalization and Health, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12992-021-00754-9

Xie, X., Siau, K., & Nah, F. F. H. (2020). COVID-19 pandemic–online education in the new normal and the next normal. Journal of Information Technology Case and Application Research, 22(3), 175–187. https://doi.org/10.1080/15228053.2020.1824884

Zhang, A., Hobman, E. V., De Barro, P., Young, A., Carter, D. J., & Byrne, M. (2021). Self-medication with antibiotics for protection against COVID-19: The role of psychological distress, knowledge of, and experiences with antibiotics. Antibiotics, 10(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/antibiotics10030232

Published
2021-12-28
How to Cite
Sari, K. C. D. P., Puspita, N., Purwonugroho, T. A., Muslim, Z., Mustikaningtias, I., & Hidayah, F. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Apoteker sebagai Peneliti dalam Upaya Antimicrobial Resistance Awareness: Enhancing Pharmacist’s Ability as Researchers as Antimicrobial Resistance Awareness. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1440-1452. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8024
Abstract viewed = 361 times
PDF downloaded = 648 times

Most read articles by the same author(s)