Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA Negeri 1 Campalagian

  • Nurlina Nurlina Universitas Sulawesi Barat
  • Mutmainna Mutmainna Universitas Sulawesi Barat
  • Nursakinah Annisa Lutfin Universitas Sulawesi Barat
  • Mutiara Sabar Universitas Sulawesi Barat
  • Jenni Tasik Bintoen Universitas Sulawesi Barat
Keywords: workshop, pendampingan, guru, penelitian tindakan kelas

Abstract

Salah satu pengembangan diri guru adalah dengan membuat karya tulis ilmiah melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Dari hasil evaluasi kegiatan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya dan setelah dilakukan observasi ke tempat mitra yaitu SMA Negeri 1 Campalagian, maka perlu diadakan workshop untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mempersiapkan PTK. Metode dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan dan pendampingan yang diintegrasikan ke dalam Workshop PTK. Metode ini dipilih untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk mengalami setiap langkah dalam proses penyusunan proposal PTK. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan pada 17-18 Juli 2021, dilanjutkan dengan penyusunan proposal PTK selama satu bulan. Melalui kegiatan ini, guru menilai bahwa mereka memiliki wawasan tentang kemungkinan ide PTK dan berencana untuk melakukan ptk. Sebagian besar guru juga merasa bahwa kegiatan ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, & Khuluqo, I. El. (2020). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 22–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5180

Milandari, B. D., Waluyan, R. M., Mus, A. H., Nurmiwati, & Haifaturrahmah. (2019). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru Bahasa Indonesia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi. Journal of Character Education Society, 2(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v2i2.1722

Mutmainna & Hamzah, H. (2018) Laporan PkM Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMP Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Majene: LPPM & PM Universitas Sulawesi Barat.

Nasirun, Yulidesni, Indrawati, & Qalbi, Z. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–18.

Nisa, K., Darmiany, Gunayasa, I. B. K., & Khair, B. N. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN Gugus 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 269–274.

Slameto. (2015). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 60–69. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69

Sofwan, M., Alirmansyah, & Pratama, R. (2020). Workshop Penyusunan Proposal, Pelaksanaan, dan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru di SD Negeri No.10/IV Kota Jambi. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.32672/btm.v2i4.2467

Sudjana, Nana, & Laksamana, U. (2001). Menyusun Karya Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

ZM, H., Sukardi, & Suryanti, N. M. N. (2019). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru MTs dan MA Di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 1–3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.220

Published
2022-02-27
How to Cite
Nurlina, N., Mutmainna, M., Lutfin, N. A., Mutiara Sabar, & Jenni Tasik Bintoen. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA Negeri 1 Campalagian. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 189-195. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.9189
Abstract viewed = 334 times
PDF downloaded = 283 times