Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Profesi Guru
Abstract
Persaingan global yang semakin ketat menuntut setiap bangsa untuk terus meningkatkan kualitas bangsanya. Salah satu bentuknya adalah melalui pengembangan kualitas guru yang nantinya menjadi role model bagi cikal bakal penerus bangsa. Para guru harus selalu memperbaharui kemampuan diri dengan berbagai jenis kemampuan, misalnya bahasa Inggris. Sebab, ada banyak sumber pengajaran yang tersedia di internet namun disampaikan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kami berinisiasi untuk melaksanakan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk guru-guru yang berada di Kabupaten Mempawah. Pelatihan ini bernama Pengembangan Profesi Guru. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru-guru daerah di Kabupaten Mempawah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggri mereka. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim PKM yang terdiri dari Dosen Bahasa Inggris dalam bentuk pelatihan yang berlangsung sebanyak 12 kali pertemuan dan dan post test sebanyak 1 kali pertemuan. Kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif dan signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya Kabupaten Mempawah.
Downloads
References
Chandra, E. N., & Kusumadewi, H. (2018). Pengenalan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris melalui TOEFL. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(03), 224-230.
Cirocki, A., & Farrell, T. S. (2019). Professional development of secondary school EFL teachers: Voices from Indonesia. System, 85, 1-14.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of
Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.
English First. (2012). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan, diunduh pada 24 Agustus 2021 dari https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-untuk-masa-depan
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to Online Teaching during COVID-19 School Closure: Teacher Education And Teacher Competence Effects among Early Career Teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608-622.
Kurniawati, D. (2015). Studi tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menyimak bahasa inggris pada mahasiswa semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung tahun pelajaran 2015/2016. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 8(1), 157-178.
OECD. (2009). Creating Effective Teaching and Learning Environments: First Results from TALIS. Paris: OECD.
Prancisca, S., Fergina, A., Ikhsanudin, & Rizqi, M. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Tutor Adik Dosen. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1151-1157.
Nugraeni, I. I., WIdiyanti, M., Rokhayati, T., & Widodo, S. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Toefl Bagi Para Guru SMP se-MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 2(1), 1-5.
Renandya, W. A., Hamied, F. A., & Nurkamto, J. (2018). English language proficiency in Indonesia: Issues and prospects. Journal of Asia TEFL, 15(3), 618-629.
Revina, S., Pramana, R. P., Fillaili, R., & Suryadarma, D. (2020). Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades. RISE Working Paper 20/054 October 2020). Retrieved September 19, 2021 from https://rise. smeru. or. id/sites/default/files/publication/RISE_WP-054_Revinaetal. pdf.
Rintaningrum, R. (2018). Investigating Reasons Why Listening in English is Difficult: Voice from Foreign. Asian EFL Journal, 20(11), 6-15.
Rujito, E. (2010). Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL Bagi Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah II Yogyakarta. Retrieved August 27, 2021 from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132326890/pengabdian/pelatihan-bahasa-inggris- berekuivalensi-toefl.pdf.
Saiful, J. A. (2020). Mobile Teacher Professional Development (MTPD): Delving into English Teachers’ Beliefs in Indonesia. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(4), 143-160.
Sutarto, J. (2007). Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS.