Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Profesi Guru

  • Stella Prancisca FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Ana Fergina FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Yusawinur Barella FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Syarifah Aminah UPT Bahasa, Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Ghazy UPT Bahasa, Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Ainur Rizqi UPT Bahasa, Universitas Tanjungpura
Keywords: Pengembangan Profesi Guru, Pelatihan Bahasa Inggris, Kabupaten Mempawah

Abstract

Persaingan global yang semakin ketat menuntut setiap bangsa untuk terus meningkatkan kualitas bangsanya. Salah satu bentuknya adalah melalui pengembangan kualitas guru yang nantinya menjadi role model bagi cikal bakal penerus bangsa. Para guru  harus selalu memperbaharui kemampuan diri dengan berbagai jenis kemampuan, misalnya bahasa Inggris. Sebab, ada banyak sumber pengajaran yang tersedia di internet namun disampaikan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kami berinisiasi untuk melaksanakan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk guru-guru yang berada di Kabupaten Mempawah. Pelatihan ini bernama Pengembangan Profesi Guru. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru-guru daerah di Kabupaten Mempawah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggri mereka. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim PKM yang terdiri dari Dosen Bahasa Inggris dalam bentuk pelatihan yang berlangsung sebanyak 12 kali pertemuan dan dan post test sebanyak 1 kali pertemuan. Kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif dan signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya Kabupaten Mempawah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, E. N., & Kusumadewi, H. (2018). Pengenalan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris melalui TOEFL. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(03), 224-230.

Cirocki, A., & Farrell, T. S. (2019). Professional development of secondary school EFL teachers: Voices from Indonesia. System, 85, 1-14.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of

Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

English First. (2012). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan, diunduh pada 24 Agustus 2021 dari https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-untuk-masa-depan

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to Online Teaching during COVID-19 School Closure: Teacher Education And Teacher Competence Effects among Early Career Teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608-622.

Kurniawati, D. (2015). Studi tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menyimak bahasa inggris pada mahasiswa semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung tahun pelajaran 2015/2016. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 8(1), 157-178.

OECD. (2009). Creating Effective Teaching and Learning Environments: First Results from TALIS. Paris: OECD.

Prancisca, S., Fergina, A., Ikhsanudin, & Rizqi, M. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Tutor Adik Dosen. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1151-1157.

Nugraeni, I. I., WIdiyanti, M., Rokhayati, T., & Widodo, S. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Toefl Bagi Para Guru SMP se-MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 2(1), 1-5.

Renandya, W. A., Hamied, F. A., & Nurkamto, J. (2018). English language proficiency in Indonesia: Issues and prospects. Journal of Asia TEFL, 15(3), 618-629.

Revina, S., Pramana, R. P., Fillaili, R., & Suryadarma, D. (2020). Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades. RISE Working Paper 20/054 October 2020). Retrieved September 19, 2021 from https://rise. smeru. or. id/sites/default/files/publication/RISE_WP-054_Revinaetal. pdf.

Rintaningrum, R. (2018). Investigating Reasons Why Listening in English is Difficult: Voice from Foreign. Asian EFL Journal, 20(11), 6-15.

Rujito, E. (2010). Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL Bagi Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah II Yogyakarta. Retrieved August 27, 2021 from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132326890/pengabdian/pelatihan-bahasa-inggris- berekuivalensi-toefl.pdf.

Saiful, J. A. (2020). Mobile Teacher Professional Development (MTPD): Delving into English Teachers’ Beliefs in Indonesia. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(4), 143-160.

Sutarto, J. (2007). Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS.

Published
2022-02-28
How to Cite
Prancisca, S., Fergina, A., Barella, Y., Aminah, S., Ghazy, A., & Rizqi, M. A. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Profesi Guru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 268-278. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.9329
Abstract viewed = 455 times
PDF downloaded = 232 times