Pelatihan Penyusunan RPP Ringkas Bermakna bagi Guru SD di Kecamatan Rote Barat
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, para guru SD di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao mengalami kesulitan dalam menyusun RPP sehingga para guru hanya menulis atau mencetak Kembali RPP tanpa berusaha memahami apa yang harus ditulis di dalamnya. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kualitas sumber daya para guru agar mampu: (1) memahami dan menyusun RPP yang ringkas dan bermakna; (2) mengimplementasikan RPP yang telah disusunnya sendiri. Sasaran kegiatan ini yaitu para guru SD di sembilan sekolah Binaan YPA-MDR di kecamatan Rote Barat kabupaten Rote-Ndao. Kegiatan dilakukan dalam dua bagian yaitu: 1) pelatihan penyusunan RPP yang ringkas dan bermakna; dan 2) pendampingan implementasi RPP yang telah disusun sebelumnya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru telah mengalami peningkatan kualitas sumber daya yang ditunjukkan dengan: 1)para guru mampu Menyusun RPP ringkas bermakna dan mengimplementasikannya; 2) peserta didik tuntas belajar saat implementasi RPP karena memperoleh nilai di atas KKM sekolah.
Downloads
References
Amiruddin, Hasim, M., & Irfan, A. M. (2020). Pkm Guru Pamong Dan Mahasiswa Kkn Ppl Terpadu Pembelajaran Berbasis Merdeka Belajar Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1097–1105.
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
Undang-Undang Republik Indonesia, Pub. L. No. 20 (2003).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, (2005).
Kamilati, N. (2018). Analisis Komponen Penilaian Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(1), 1–17. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.440
Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019, 2013, 309–316.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Mbuju, D. K., Sam, A., Nardi, M., Pgsd, P., Santu, U., Ruteng, P., Jend, J., & Yani, A. (2020). Penilaian sikap siswa di Sekolah Dasar Seturut kurikulum 2013 pembentukan peserta didik yang beriman. Literasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–27.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pub. L. No. 22 (2016).
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rindarti, E. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Melalui Pendampingan Berkelanjutan Di Ma Binaan Kota Jakarta Pusat Improvement Teacher Competence in Developing Rpp on the 2013 Currikulum 2017 Revision Through Accompaniment O. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 1–19.
Rodin, I., & Pravitasari, D. (2020). Pelatihan Guru Dalam Kegiatan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar di MI NU Raman Agung Kecamatan Buay Madang Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 2(1), 6–11. http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIMi/article/view/888
Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 836–842. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3849
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152