Peningkatan Pemasaran Industri Paving Block Berbasis Online di Masa Pandemi Covid 19 Di Kecamatan Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

  • Irmawatty Tamburaka Universitas Halu Oleo
  • Romy S Edwin Fakultas Teknik UHO
  • Fitriah Fitriah Fakultas Teknik UHO
  • Bambang Pramono Fakultas Teknik UHO
  • Ihsan Sarita Fakultas Teknik UHO
Keywords: pemasaran, paving block, online, pandemic covid 19

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan untuk memberikan pendampingan  terhadap situasi yang dialami  sektor UKM terhadap model pemasaran atau penjualan terhadap perubahan secara mendadak sebagai akibat pandemic covid 19. Mitra yang dibina adalah UKM Bulukumba Jaya, usaha mitra bergerak dalam bidang usaha penjualan bahan bangunan paving block,  beralamat di Kecamatan Kessilampe Kota Kendari Sulawesi Tenggara.  Mitra memproduksi  paving block dalam jumlah yang besar dan sesuai standar, model penjualan selama ini dilakukan secara konvensional. Masalah mitra  adalah dari aspek penjualan, di masa pandemic covid 19 penjualan paving block mengalami penurunan dan bahkan merugi atau tidak mengalami keuntungan sesuai target. Metode plaksanaan adalah diawali survey lokasi, mendampingi dan membimbing mitra yang dilaksanakan selama dua bulan. Hasil kegiatan dapat disimpulkan  bahwa mitra memahami  dan sekaligus melaksanakan model pemasaran berbasis online melalui perangkat computer dan handpone   dengan menampilkan foto-foto model paving block yang sudah dikemas secara menarik. Adapun website bisa diakses melalui http://bulukumba-jaya.com/

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baker, T., & Judge, K. (2020). How to Help Small Businesses Survive COVID-19. Columbia Law and Economics Working Paper, 620.

David, E. . (2011). Strategi Management Dan Konsep. Salemba Empat.

Hanafi, R., & Sutapa. (2022). Identifikasi Problem Usaha Mikro Pada Pengrajin Sangkar Burung

Kadilangon Di Masa Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 29–85. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8345

Kotler, P. dan A. G. (2012). Principles of Marketing (15th ed Pe).

OECD. (2020). SME Policy Responses. https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=119_119680-di6h3qgi4x&title=Covid-19_SME_Policy_Responses.

Pakpahan A.K. (2020). Covid 19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Rachmawati, D., Sri umi mintarti, Syahrul munir, & Yogi dwi satrio. (2020). Pemberdayaan UMKM Gerabah Melalui Pembentukan Komunitas Pra-Koperasi di Kabupaten Ponorogo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3235

Setyorini D., N. E. & R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat. Jurnal Mitra Manajemen.

Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Warung Salapan ). Atrabis Jurnal Administrasi Bussines 6(2), 163–171.

Turban, Rainer. and Potter. (2003). Introduction to Information Technology (2 ed). John Wiley and Sons, Inc.

Published
2022-08-31
How to Cite
Tamburaka, I., Edwin, R. S., Fitriah, F., Pramono, B., & Sarita, I. (2022). Peningkatan Pemasaran Industri Paving Block Berbasis Online di Masa Pandemi Covid 19 Di Kecamatan Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 897-904. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.9984
Abstract viewed = 77 times
PDF downloaded = 71 times