Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja
Abstract
Masa remaja merupakan suatu rentang kehidupan individu. Dalam siklus perkembangan individu, masa remaja merupakan kehidupan yang sangat penting dan masa peralihan yang perlu diarahkan pada perkembangan menuju dewasa. Lingkungan keluarga yang sehat dan lingkungan yang kondisif untuk tumbuh kembang remaja yang positif dapat mempengaruhi kematangan fisik dan psikis remaja, maka dari itu perlu tindakan yang dapat membantu remaja menemukan tujuan dalam kehidupan. Ilmu psikologi merupakan bidang ilmu yang dapat mengetahui perilaku manusia dan mempelajari proses mental manusia. Ilmu psikologi dalam mempelajari sisi psikologi suatu objek masih menggunakan metode konvensional. Dalam hal mengamati gaya belajar remaja, perpaduan antara ilmu psikologi dan teknologi memungkinkan untuk dilakukan, yaitu dengan membuat sebuah sistem berbasis teknologi (sistem pakar) berdasarkan pengetahuan pakar. Sistem pakar ini dapat memberi pengetahuan dalam penentuan gaya belajar remja dengan menerapkan metode dari sistem pakar yaitu certainty factor. Certainty factor dapat memberikan nilai kepercayaan dari nilai ketipastian dengan menghitung nilai certainty factor dan hasil nilai kombinasi certainty factor sesuai ketentuan dari metode. Hasil perhitungan certainty factor berbentuk nilai (angka) di setiap gaya belajar, di mana hasil tertinggi menjadi penetuan gaya belajar. Hasil dari penelitian ini, para pakar (psikolog) dapat menentukan gaya belajar dengan lebih cepat dan pendidik atau pengajar dapat terbantu dalam mengetahui modalitas atau gaya belajar remaja serta dapat memberikan solusi bagi remaja arah bakat atau karir sesuai gaya belajar diperoleh. Bagi akademisi atau praktisi dibidang teknologi, akan didapat hasil bahwa metode Certainty Factor yang dapat menentukan gaya belajar dengan melihat dari perolehan nilai dari setiap gaya belajar.
Kata kunci: Ilmu Psikologi, Remaja, Gaya Belajar, Sistem Pakar, Certainty Factor
Abstrack
Adolescence is an individual's life span. In the individual development cycle, adolescence is a very important life and a transitional period that needs to be directed at development towards adulthood. A healthy family environment and an environment that is conducive to adolescent growth and development that can positively affect adolescent physical and psychological maturity, therefore need actions that can help teens find goals in life. Psychology is a field of science that can know human behavior and study human mental processes. Psychology in studying the psychology of an object still uses conventional methods. In terms of observing adolescent learning styles, a combination of psychology and technology makes it possible to do, namely by making a technology-based system (expert system) based on expert knowledge. This study will discuss how to create an expert system with the certainty factor method. From the results of this study, experts in this case psychologists and educators or instructors can be helped in seeing the modalities or learning styles of adolescents. While for academics or practitioners in the field of technology, results will be obtained that the Certainty Factor method can determine learning styles.
Keywords: Psychology, adolescence, Learning Style, Expert Systems, Certainty Factor
Downloads
References
Jannah, M. Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256. 2017
Arisandi, D., & Saputra, A. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Gaya Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Digital Zone, 6(x), 12–17.2015.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 77. 2019
Arisandi, D. Pengujian Rule Pada Sistem Pakar Penanganan Cedera Olahraga Bola Basket. RABIT (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi UNIVRAB), 1(2), 94–103. 2016
Yulianti, W. Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning Dalam Sistem Pakar Untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi UNIVRAB, 1(2), 104–118. 2016
Rezza, R., Astuti, I. F., & Cahyadi, D. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Menggunakan Metode Certainty Factor. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 263–269. 2017
Sihotang, H. TSistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, 15(1), 16–23. 2014
Rachman, R., & Mukminin, A. Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(2), 90. 2019
Ibrohim, M., Purwanty, N., Dunn, R., John, S., Bandler, R., Grinder, J., & Grinder, M. Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining ( Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumampir ). 4, 19–28. 2017
Aji, A. H., Furqon, M. T., & Widodo, A. W. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 2127–2134. 2018
Copyright (c) 2019 Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.