Sistem Informasi Penentuan Guru Terbaik Berbasis Kinerja pada Pondok Pesantren Qodratullah
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan salah satu tolak ukur untuk melihat bagaimana seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Untuk melakukan pengukuran kinerja banyak cara yang dapat dilakukan baik secara konvensional ataupun terkomputerisasi. Pengukuran kinerja sendiri saat ini telah masuk disemua lini baik pemerintahan, industri maupun pendidikan. Pondok Pesantren Qodratullah merupakan lembaga Pendidikan yang mengedepankan Pendidikan agama islam dalam proses pembelajarannya. Saat ini Pondok Pesantren Qodratullah telah melakukan penilaian untuk menentukan guru terbaik. Namun dalam proses penilaian mulai dari pembuatan form penilaian, pengisian penilaian, dan rekapitulasi hasil penilaian yang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Sesuai dengan kondisi tersebut maka penelitian ini dilakukan pengembangan sistem informasi untuk menentukan guru terbaik sebagai upaya memudahkan proses penilaian. Metode pengembangan digunakan yaitu prototype dengan tiga tahapan pengembangan. Hasil dari penelitian berupa sistem informasi penentuan guru terbaik yang memiliki fitur mulai dari penentuan kriteria, sub kriteria, indikator, guru, proses penilaian guru dan pelaporan hasil penilaian.
Kata kunci: sistem informasi, guru terbaik, kinerja, prototype
Abstract
Performance measurement is one of the benchmarks to see how someone is doing their work. To measure the performance of many ways that can be done either conventionally or computerized. Performance measurement itself is now included in all lines of government, industry and education. Qodratullah Islamic Boarding School is an educational institution that emphasizes Islamic religious education in the learning process. Currently Qodratullah Islamic Boarding School has conducted an assessment to determine the best teacher. But in the appraisal process starting from making an appraisal form, filling in the appraisal, and recapitulating the results of the appraisal that requires a lot of time and effort. In accordance with these conditions, this research was carried out the development of information systems to determine the best teacher in an effort to facilitate the assessment process. The development method used is prototype with three stages of development. The results of the study are in the form of an information system for determining the best teachers who have features ranging from determining criteria, sub criteria, indicators, teachers, teacher assessment process and reporting on assessment results.
Keywords: information system, best teacher, performance, prototype.
Downloads
References
M. Anggraeni, “Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Pertanian terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1970-2015,” J. Pendidik. dan Ekon., vol. 6, no. 5, pp. 499–509, 2017.
P. R. INDONESIA, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan,” Jakarta Sekr. Negara. Diakses tanggal, vol. 12, 2017.
A. Setiawan, “Peran keterampilan menulis dalam meningkatkan profesionalitas guru di era society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2019, vol. 3, no. 2.
M. A. Qodratullah, “Pforifil Pondok Pesantren Qodratullah,” 2020.
N. B. Wibowo and D. Anubhakti, “sistem informasi penunjang keputusan penentuan guru terbaik pada sekolah smp islam al hikmah dengan metode analytical hierarchy process (ahp),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 486–491, 2020.
A. Paramita, F. A. Mustika, and N. Farkhatin, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Berdasarkan Kinerja dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Nas. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 9–18, 2017.
S. Hidayat and R. Irviani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan Ma Al Mubarok Batu Raja Menggunakan Metode Topsis,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 6, pp. 1–8, 2017.
F. Syakti, “Sistem Informasi Geografis Penderita Malaria pada Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuklinggau,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, pp. 178–188, 2019.
E. W. Guntari, A. S. Permana, and F. R. Umbara, “Prototype Sistem Informasi Eksekutif Dosen di Perguruan Tinggi Swasta ABCD,” JUMANJI (Jurnal Masy. Inform. Unjani), vol. 3, no. 02, pp. 53–61, 2020.
M. R. F. Hadi and H. Saputro, “Sistem Informasi Kas Masjid Sebagai Pengaman serta Mempermudah dalam Dokumentasi Aliran Dana,” J. Teknol. dan Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 40–49, 2020.
G. B. Sulistyo, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Petenakan Sapi Berbasis Online,” IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 9, no. 1, 2019.
R. S. Pressman, “Software-Engineering 7th ED by Roger S,” Press. Softw. Eng. A Pract. Approach, 2012.
S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode MOORA,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.
F. Duwiyanti and M. Ardhiansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik di SMK Pustek Serpong Dengan Menggunakan Metode TOPSIS,” Int. J. Educ. Sci. Technol. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 45–67, 2019.
F. Satria, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Terbaik Pada Min Kedondong Menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process),” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 3, pp. 21–31, 2017.
N. Oktaviani and S. Sauda, “Pemodelan dan Implementasi Aplikasi Mobile Umrah Guide Menggunakan Unified Modeling Language,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 177–186, 2019.
M. J. Siregar, “Rancang model penilaian kinerja karyawan dengan metode 360 degree di departemen warehouse,” profisiensi, vol. 6, no. 1, 2018.
D. Gustiana and I. Hariman, “Aplikasi sistem percetakan rapor berdasarkan k-13 dengan menggunakan pendekatan metode 360 derajat di smk handayani banjaran,” J. Komput. Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 32–38, 2019.
Copyright (c) 2020 Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.