Analisis Data Lulusan dengan Data Mining untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Lancang Kuning

  • Elvira Asril Universitas Lancang Kuning
  • Fana Wiza Universitas Lancang Kuning
  • Yogi Yunefri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Data Mining, Clustering, K-Means

Abstract

Abstrak- Setiap perusahaan maupun organisasi yang ingin tetap bertahan perlu untuk menentukan strategi promosi yang tepat. Penentuan strategi promosi yang tepat akan dapat mengurangi biaya promosi dan mencapai sasaran promosi yang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk penentuan strategi promosi adalah dengan menggunakan teknik data mining. Teknik data mining yang digunakan dalam hal ini adalah dengan menggunakan algoritma Clustering K-Means. Clustering merupakan pengelompokkan record, observasi, atau kasus ke dalam kelas-kelas objek yang mirip. K-Means adalah metode klaster data non-hirarkis yang mencoba untuk membagi data ke dalam satu atau lebih klaster. Penelitian dilakukan dengan mengamati beberapa variabel penelitian yang sering dipertimbangkan oleh perguruan tinggi dalam menentukan sasaran promosinya yaitu asal sekolah, daerah, dan jurusan. Hasil penelitian ini adalah berupa pola menarik hasil data mining yang merupakan informasi penting untuk mendukung strategi promosi yang tepat dalam mendapatkan calon mahasiswa baru. Kata kunci: Data Mining, Clustering, K-Means

Abstract- Each company or organization that wants to survive needs to determine appropriate promotional strategies. Determination of appropriate promotional strategies will be able to reduce costs and achieve the goals the promotion of proper promotion. One way that can be done to determine campaign strategy is to use data mining techniques. Data mining techniques used in this case is to use a K-Means clustering algorithm. Clustering is the grouping of records, observation, or in the case of the object classes that are similar. K-Means is a method of non-hierarchical clustering of data that is trying to divide the data into one or more clusters. The study was conducted by observing some of the variables that are often considered by the college in determining the target of promotion that the school of origin, region, and department. Results of this study are interesting pattern of results in the form of data mining that is important information to support appropriate promotional strategies in getting new students.

Keywords: Data Mining, Clustering, K-Means

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Nurdin, Dewi Astika. Penerapan Data Mining untuk Menganalisa Penjualan Barang dengan Menggunakan Metode Apriori pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe. Techsi. 2015; vol 6(no 1): 133-155.
[2] Johan Oscar Ong. Implementasi Algoritma K-Means Clustering untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 2013; vol 12(no 1): 10-20.
[3] A. Juarna, et al . Analysis And Implementation Of Algorithm Clustering Affinity Propagation and K-Means At Data Student Based On GPA and Duration Of BachelorThesis Completion. JATIT & LLS. 2012; vol.35 (no.1): 69-76.
[4] Arlinda, Zefry and Arie, Vatresia and Boko, Susilo. Implementasi Algoritma K-Means untuk Mengetahui Sebaran Mahasiswa Sebagai Informasi Penunjang Promosi Universitas (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu). Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. 2013.
[5] Rima, Ramadhani Dias. Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Menentukan Strategi Universitas Dian Nuswantoro. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. 2014.
Published
2018-02-11
How to Cite
Asril, E., Wiza, F., & Yunefri, Y. (2018). Analisis Data Lulusan dengan Data Mining untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Lancang Kuning. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 24-32. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v6i2.94
Abstract viewed = 1480 times
PDF downloaded = 1319 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>