Sistem Informasi Promosi Produk : Studi Pada Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkalis

  • Kasmawi Kasmawi Politeknik Negeri Bengkalis
  • Mansur Mansur Politeknik Negeri Bengkalis
  • Diah Angraina Fitri Politeknik Negeri Bengkalis
Keywords: (Small and Medium Enterprises) SMEs, product promotion, information technology

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dapat membantu pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) secara maksimal dengan memanfaatkan website dan akses internet untuk mengakses pasar dan mempromosikan produk. Sistem promosi produk UKM di Kabupaten Bengkalis dilakukan dengan cara konvensional yaitu promosi melalui kedai-kedai, di toko-toko/swalayan, ataupun berupa informasi melalui kerabat atau teman. Hal ini akan berpengaruh terhadap omset pada UKM. Selain itu sumber daya manusia dibidang TI masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi promosi produk berbasis web untuk meningkatkan promosi produk UKM di Kota Bengkalis. Informasi yang diberikan berupa informasi produk pada semua kategori, promosi produk-produk unggulan, dan promosi toko-toko yang berkaitan dengan produk yang dipromosikan.

Abstract

The ulitization of information techonology can help marketing Small Medium Enterprises (SMEs) products maximally by utilizing website and internet access to access market and promote product. SMEs product promotion system in Bengkalis Regency is done by conventional means of promotion through shops, in store or supermarkets or in the form of information through relatives or friends. This will affect the turnover of SMEs in addition, human resources in the information thecnology (IT) filed is still very low. This research aims to build a web based product information promotion system to improve the promotin of SMEs products of the city of Bengkalis. Information provided for the form of product information about all categories, promotion of superior products, and promotion of stores related to the product being promoted.

References

Hapsari, P. P., Hakim Abdul, dan Soeaidy Saleh, 2014, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintahan Kota Batu), Wacana, Vol. 17, No. 2, 88-96

Tambunan, T. T (2012), Peluang Tantangan Dan Ancaman Bagi Umkm Indonesia Dalam Era Cafta Dan Me-Asean 2015, Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah

Admin UKM Riau (2016), Data Serta Jumlah UKM Kota Pekanbaru dan Riau, Portal Bisnis dan Direktori UKM Indonesia, UKM Riau.

Hariadi, D (2012) Pengaruh Produk Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 1 No. 8

Swastha B. dan Irawan (2005), Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta

Alma B. (2004), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Goenadhi L (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin, Jurnal Manajemen dan Akutansi, Vol 12 No 2.

Novita D (2016) “Studi Keberhasilan UKM Melalui Perdagangan Online B2B dan B2C”, ISBN : 978-602-72850-1-9, KNIT-2 Nusa Mandiri, Jakarta

Fitri D.A, Kasmawi, dan Mansur (2017) Desain Sistem Promosi Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Menggunakan Model Business to Cosumer (B2C), Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT) Politeknik Negeri Bengkalis, ISSN : 2303-2790

Syahputri, W., & Mansur, M. (2018). Desain Prototipe Sistem Jual Beli Online Produk Umkm Bengkalis Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 13-18.

Published
2018-05-31