PELATIHAN DIGITAL MARKETING GUNA PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA DESA WISATA BANYUANYAR

  • Muhammad Luthfi Hamdani Politeknik AKBARA Surakarta
  • Sri Partini Politeknik AKBARA Surakarta
  • Roudlotul Jannati Rochnadia N.Y Politeknik AKBARA Surakarta
  • Sriyati Politeknik AKBARA Surakarta
  • Chan Uswatun Khasanah Politeknik AKBARA Surakarta
Keywords: Digital Marketing, Desa Wisata

Abstract

Keberadaan desa wisata mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang tinggal di pedesaan. Produk-produk inovatif yang dihasilkan menyerap komoditas pertanian dan peternakan masyarakat yang selama ini kurang memberikan nilai secara ekonomi. Hanya saja, pengelola desa wisata masih berhadapan dengan berbagai tantangan, dari segi infrastruktur maupun keterampilan manajerial dan pemasaran. Salah satu strategi memasarkan Kawasan desa wisata adalah menggunakan pemasaran digital (digital marketing). Pemasaran digital adalah penggunaan teknologi untuk membantu kegiatan pemasaran dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelanggan dengan mencocokkan kebutuhan mereka. Pelatihan ini dilaksanakan oleh dosen dan civitas akademika prodi Bisnis Digital Politeknik Akbara Surakarta, hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pemahaman dasar mengenai pemasaran digital beserta praktiknya. Kendala yang dialami selama pelatihan adalah jaringan internet yang masih belum stabil. Sementara peserta yang merupakan pengelola dan relawan desa wisata Banyuanyar antusias mengikuti setiap sesi pelatihan dan praktik-praktiknya. Selanjutnya pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan ini akan ditindaklanjuti dalam beberapa program pemasaran digital untuk memasarkan wisata desa Banyuanyar beserta produk-produk masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carroll, W.R. and Wagar, T.H. (2010), “Is there a relationship between information technology adoption and human resource management?”, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 17 No. 2, pp. 218-229.

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. (2010), “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media”, Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp.

-68.

Muntinga, D.G., Moorman, M. and Smit, E.G. (2011), “Introducing COBRAs:

exploring motivations for brand-related social media use”, International

Journal of Advertising, Vol. 30 No. 1, pp. 13-46.

Nielsen (2012), “The Nielsen global survey of social media usage”, available at:

www.nielsen.com/us/en/reports/2012/state-of-the-media-the-social-mediareport-2012.html

E. Yuliati, and D. Suwandono, (2016.) "Arahan Konsep dan Strategi Pengembangan Kawasan Desa Wisata Nongkosawit Sebagai Destinasi Wisata Kota Semarang," Ruang, vol. 2, no. 4, pp. 263-272, Oct.

Prasanti, Ditha Dan Fuady, Ikhsan. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Di Bandung Barat. Jurnal Komunikasi. Vol 11, No 2 (2017)

Ericsson Consumer Lab (2012), “10 hot consumer trends”, Ericsson Consumer Lab

Report, Stockholm, available at: www.ericsson.com/res/docs/2012/consumerlab/10-hot-consumertrends,

diakses pada Jumat, 24 September, 9.55 WIB

M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.

Published
2022-07-11
How to Cite
Muhammad Luthfi Hamdani, Sri Partini, Roudlotul Jannati Rochnadia N.Y, Sriyati, & Chan Uswatun Khasanah. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING GUNA PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA DESA WISATA BANYUANYAR. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 166-174. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.10420
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 93 times