SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEPAT GUNA (KOOPERATIF DAN DEMONSTRATIF) DALAM MENGAJAR BAGI GURU SD TERPENCIL SDN 37 SUNGAI LIMAU

  • Suparmi Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Yuliawati Yunus Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Silky Safira Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
Keywords: sosialisasi, Model Pembelajaran, Kooperatif, Demonstratif Learning

Abstract

SDN 37 Sungai Limau adalah salah satu Sekolah Dasar yang terletak didaerah terpencil. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru disekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang terpusat pada guru. Model pembelajaran konvensional mengakibatkan proses pembelajaran menjadi monoton dan siswa merasa bosan saat belajar ditambah lagi sarana prasarana sekolah yang masih terbilang minim (kurang layak). masalah lainnya disekolah siswa/siswi berjumlah sedikit, seharusnya guru bisa lebih terfokus kepada siswa dan memvariasikan model pembelajaran yang lebih berinovasi, mengutamakan agar siswa lebih aktif, serta meningkatkan hasil belajar yang signifikan sehingga dapat bersaing dengan dengan sekolah dasar lainnya. Model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan model pembelajaran tepat guna (kooperatif dan demonstratif) di SDN 37 Sungai Limau. Penerapan model pembelajaran kooperatif biasanya diikuti dengan suasana belajar yang menciptakan siswa lebih aktif. Begitu juga dengan model pembelajaran demonstratif yang menuntut guru untuk memberikan pengalaman yang nyata pada siswa/siswi didepan kelas sehingga siswa juga terlibat dalam pembelajaran secara aktif juga dan dapat berpikir kritis. Sebab tuntutan pembelajaran tersebut memang memberikan peluang kepada siswa untuk lebih aktif. Diharapkan dengan model pembelajaran tepat guna ini proses belajar mengajar didalam kelas bisa lebih meyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, A., (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Volume 1 Nomor 6. Tarbawi Jurnal.

Akbar , Rofiq Faudy. 2018. Analisis Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan Collaborative Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Di STAIN Kudus. Hlm 19- 38.

Devi Syarianty, Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Kelas IV MIN Medan Tembung Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Jusnaeni. Daud Firdaus. Syamsiah. 2018. Perbandingan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Kolaboratif SMA Negeri 3 Banteng. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, hlm 215-220.

Indri Sofatun Nisa, Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Negeri 3 Banyumas, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2019.

Yazid. M., Dkk. (2020). Sosialisasi Media Pembelajaran Untuk Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah. Jurnal Dimaswadi, Volume 1 Nomor 1.

Published
2023-01-07
How to Cite
Suparmi, Yuliawati Yunus, & Safira, S. (2023). SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEPAT GUNA (KOOPERATIF DAN DEMONSTRATIF) DALAM MENGAJAR BAGI GURU SD TERPENCIL SDN 37 SUNGAI LIMAU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 80-85. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.11807
Abstract viewed = 181 times
PDF downloaded = 109 times