PKM IMPLEMENTASI TEKNOLOGI ONLINE-BASED LEARNING ASSESSMENT PADA GURU MTsS. NURUL IKHWAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA
Abstract
Dalam pembelajaran, evaluasi menjadi salah satu langkah untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu guru dalam membuat kuis dan survei online adalah Google Form, Persoalan utama yang dialami mitra adalah kurangnya pengetahuan dalam penggunaan IT dalam memberikan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan online-based learning assessment untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan, penggunaan serta optimaliasi pengunaan google forms dan quizizz sebagai media eveluasi pembelajaran. Lebih lanjut, pengetahuan tersebut dapat digunakan dalam proses belajar mengajar siswa agar pembelajaran menjadi lebih menarik dengan dipadupadnakan dengan teknik pembelajaran konvensional atau off-line. Program ini terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pengabdian ini, tim akan menerapkan metode in-house training. Pengertian in-house training disini adalah “pelatihan” yang pelaksanaannya bertempat di sekolah mitra, tempat di mana guru-guru melaksanakan pengajaran, bekerja sama dengan tim pengabdian. Dalam pelaksanaan pelatihan, tim pengabdian akan memberikan materi mengenai e-learning dan tutorial penggunaan google forms dan quizizz yang akan dilakukan selama 4 x pertemuan dan dilakukan bergantian dengan durasi masing-masing 120 menit. Selanjutnya, setiap akhir tahapan kegiatan dilakukan monitoring guna mengetahui apakah pelaksanaan program sesuai dengan rencana program yang telah dibuat. Kegiatan evaluasi dilakukan berdasarkan hasil monitoring dan temuan dilapangan untuk selanjutnya dilakukan tindak lanjut melalui perbaikan. Target utama pasca kegiatan pengabdian ini yang ingin dicapai adalah bertambahnya pengetahuan guru-guru di MTsS Nurul Ikhwan Kecamatan Tanjung Morawa tentang pemanfaatan E-Learning dan online-based learning assessment melalui penggunaan google form dan quizizz dalam mendukung program Merdeka Belajar. Lebih lanjut, hal ini dapat meminimalisir penggunaan kertas sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang green and nature-friendly. Keberlanjutan program ini dapat diukur dengan adanya aktivitas kegiatan lanjutan seperti blended-learning di sekolah mitra.
Downloads
References
Admin. (2020). Profile MTs Al—Abraar Tandam Hilir I [Online]. Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan. http://10213721.siap-sekolah.com/sekolah-profil/
Batubara, H. H., & Ariany, D. N. (2016). Workshop penggunaan google form sebagai media evaluasi pembelajaran pada dosen-dosen fakultas studi islam. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1), 39–44.
Chan, A. S., & Destiadi, R. (2023). Edukasi dan rebranding produk umkm untuk peningkatan pendapatan pada desa religi besilam sumatera utara. 3(1), 69–79.
Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., & Prasetianto, R. (2018). Pemanfaatan aplikasi digital learning untuk pembelajaran pengayaan di sekolah menengah kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 85–96.
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan aplikasi Google docs sebagai media pembinaan karya ilmiah remaja. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya 2015, 5.
Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., & Wenando, F. A. (2018). Optimalisasi pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17–20.
Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran untuk guru SMP dan SMA. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362
Jabarnews.com. (2020, March 17). Mulai 18 Maret, Disdik Deli Serdang Tetapkan Libur Sekolah [Online]. https://jabarnews.com/. https://jabarnews.com/read/82824/mulai-18-maret-disdik-deli-serdang-tetapkan-libur-sekolah
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Sabran, & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 122–125.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui Google classroom di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513–521.