PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU MAN.2 MODEL PEKANBARU

  • Lasri Nijal Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Zamzami Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Didik Siswanto Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Edpuzzle, SMA MAN 2 Model Pekanbaru, IT

Abstract

Keterbatasan kemampuan dalam pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran online yang menarik. Sehingga para guru di sekolah mitra lebih cenderung menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang minim dan tidak menafaatkan internet  dengan  baik.  (pengusul  IbM)  menawarkan  solusi  terhadap  permasalahan  yang dihadapi oleh para guru –guru SMA MAN 2 Model Pekanbaru kecamatan Rumbai kota Pekanbaru  melalui  kegiatan  pemanfaatan  internet  sebagai  media  pembelajaran  online. Contoh penerapan internet sebagai media pembelajaran online seperti Edpuzzle, Padlet, dan Quizlet Dari kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa system evaluasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berbagai metode. Dalam model pembelajaran saat ini, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola fitur platform pembelajaran khususnya dalam pemberian soal dan quiz. Quiz online dapat diselenggarakan untuk mempermudah kinerja guru. Berbagai fitur quiz online dapat diatur sesuai dengan keinginan guru dan tentunya hal ini dapat mempermudah proses pelaksanaan evaluasi atau tes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nursamsu (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2): 165 - 170. Dindin Sobiruddin (2019). Pengembangan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif Bagi Guru dan Siswa Raudhathul Athfal (RA). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4:8-18.

Amaliah (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunajaya. 14:1

Silverajah, Giita, S, V. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low-Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers. 18:4

Sirri, L, E. & Lestari, P. 2020. Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai

Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

(20), 67-72.

Aula, T, M (2020). Improving Students’ Listening Skill Using Edpuzzle ELearning As A Tool. Skripsi, Teacher Training and Education Facuulty, English Education Departement, IAIN Salatiga.

Nirfayanti1, Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika.Issn 26157667.

Nia Maharani dan Ketut Sepdyana Kartini. 2019. Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematik pada mahasiswa jurusan sistem komputer. Bali: STMIK STIKOM INDONESIA

Andriani, r., & kasriyati, d. (2018). Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bagi siswa sekolah dasar (sd) kecamatan rumbai kota pekanbaru provinsi riau. Jabdipamas (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 2(2), 119-126.

Muslik, Ahmad. 2019. Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Evolusi Industri 4.0. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. 7 (2): 251.

Nurdin, Syafrudin dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers,

Nurkancana, Wayan, dan PPN sunartana, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha

Nasional, 2003.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Andriani, R.,& Kasriyati, D. (2018).

Published
2023-07-06
How to Cite
Lasri Nijal, Zamzami, & Siswanto, D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU MAN.2 MODEL PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 111-119. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.12924
Abstract viewed = 62 times
PDF downloaded = 64 times