PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE PADA SISWA SMK MIGAS INOVASI RIAU UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI SISWA

  • Fajrizal Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Taslim Taslim Univ.lancang kuning
  • Susi Handayani Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Syahril Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Coding, WEB, Database, Evaluasi, Questioner

Abstract

Diera digital setiap orang harus didorong agar bisa meningkatkan tingkat kompetensi diri mereka terutama di bidang teknologi karena praktis apa saja bisa dilakukan di rumah di era digital modern ini. Salah satu keterampilan yang menjanjikan untuk meningkatkan kompetensi diri adalah coding. Metode pelaksanaan Iptek bagi Masyarakat (IbM) Utama  ini  adalah dengan menggunakan metode teori dan praktek. Pada tahapan awal, narasumber akan menjelaskan tentang materi dan topik Pengabdian Kepada Masyarakat kepada peserta pelatihan secara umum termasuk konsep teknologi informasi, program aplikasi, database dan penanganan data secara umum. Tahap berikutnya adalah penjelasan alat dan aplikasi pendukung yang digunakan dalam melakukan praktek web programming. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan kepada siswa kelas X dan diikuti oleh 14 peserta  SMK Migas Inovasi Riau. Tahapan yang akan dilakukan pada kegiatan pengabdian ini yaitu penyuluhan, evaluasi awal, pelatihan, evaluasi proses dan diskusi terakhir evaluasi hasil. Untuk melihat hasil dari pelaksanaan program pengabdian ini maka disebarkan questioner kepada para mitra peserta pelatihan. Questioner dilaksanakan untuk melihat dan mengukur pemahaman peserta untuk pra dan pasca pelatihan. Dari gambaran isi questioner bisa diukur tingkat pemahaman peserta terhadap sistem yang akan dipelajari dan ini menjadi tolak ukur dalam melakukan pelatihan kepada peserta pelatihan. Dari hasil pelatihan terlihat adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang pembuatan website.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, A. S. (n.d.). Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. 140–157.

Duckett, J. (2011). HTML and CSS: design and build websites. John Wiley & Sons.

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 2, 920–935.

Lee, I., & McGrath, K. (2019). Computational thinking and coding for every student: The teacher’s getting-started guide. Corwin Press.

Leeuwenkamp, K. J. G., Brinke, D. J., & Kester, L. (2017). Studies in Educational Evaluation Assessment quality in tertiary education : An integrative literature review. Studies in Educational Evaluation, 55(February), 94–116. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.08.001

Lies Pebruanti, S. M. (n.d.). PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN MODUL IMPROVING MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN BASIC PROGRAMMING USING MODULES IN SMKN 2 SUMBAWA. 1, 365–376.

Nasional, U. S. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Practical methods to improve understanding and Learning Outcomes Grade V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Materials Mix. 14, 62–68.

Putri, A., Anisa, N., Ardiyano, B., Louis, K., & Apriyanti, C. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN ICT FOKUS CODING MENGGUNAKAN PROGRAM ‘ SCRATCH ’ TINGKAT SD UNTUK SD KALLISTA BATAM. 3, 502–510.

Republika. (2022). Coding menjadi salah satu skill menjanjikan yang dapat meningkatkan kompetensi diri. https://www.republika.co.id/berita/r74n59423/6-alasan-mengapa-harus-belajar-coding

Resnick, M., & Rosenbaum, E. (2013). Designing for tinkerability. Design, make, play: Growing the next generation of STEM innovators. Routledge.

Suara. (2022). Banyak Siswa SMK Tertarik Belajar Coding Karena Alasan Ini. https://www.suara.com/lifestyle/2022/06/24/153958/banyak-siswa-smk-tertarik-belajar-coding-karena-alasan-ini

Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. 6(2), 89–95.

UII. (2022). Negara Berkembang Semakin Berdaya dengan Kemajuan Teknologi Informasi. https://www.uii.ac.id/negara-berkembang-semakin-berdaya-dengan-kemajuan-teknologi-informasi/

Wibirama, S. (2021). Benarkah belajar coding akan menjadi solusi untuk memajukan ekonomi digital? https://sunu.staff.ugm.ac.id/2021/02/04/benarkah-belajar-coding-akan-menjadi-solusi-untuk-memajukan-ekonomi-digital.

Published
2023-07-06
How to Cite
Fajrizal, Taslim, T., Susi Handayani, & Syahril. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE PADA SISWA SMK MIGAS INOVASI RIAU UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI SISWA. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 173-180. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13028
Abstract viewed = 62 times
PDF downloaded = 61 times