PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 UNTUK SISWA SMK N 8 PEKANBARU

  • Nurliana Nasution Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Feldiansyah Bakri Nasution Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia
  • Mhd Arief Hasan Universitas Lancang Kuning
Keywords: Developer, Construct 3, Game, Pelatihan, SMK

Abstract

Game merupakan aktivitas atau olahraga yang biasanya membutuhkan kemampuan, pengetahuan, atau faktor keberuntungan. Dalam permainan, Anda mengikuti aturan yang sudah ditentukan dan berusaha untuk memenangkan lawan atau menyelesaikan teka-teki. Pengembang video game, juga dikenal sebagai pengembang game, bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan video game untuk aplikasi PC, konsol, dan seluler. Game Developer membantu mengubah persepsi game menjadi kenyata an yang dapat dimainkan. Mereka menciptakan fitur yang membuat video game dapat digunakan oleh pengguna. Kebutuhan akan Industri Game di Indonesia  mengalami peningkatan dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun sebaliknya berdasarkan data dari gabungan KOMINFO, LIPI, dan AGI (Asiosasi Game Indonesia) kekuatan pasar masih di pengaruhi pihak luar, dimana developer lokal hanya bisa menguasi sekitar 0,4 % nya saja. "Setelah melalui diskusi dengan SMK N 8 Pekanbaru, mereka membutuhkan bantuan dalam hal dasar-dasar pembuatan game. Melalui pengabdian ini, kami akan memberikan pelatihan/workshop kepada siswa untuk membekali mereka dengan keahlian dalam pembuatan game menggunakan Construct 3. Masalah Prioritas Pemenuhan Kebutuhan para Game Developer di Indonesia untuk bisa menguasai pasar di Negeri Sendiri Perlunya peningkatan Skill Anak Sekolah Menengah Kejuruan dengan salah satunya handal dalam pembuatan Game. Solusi Memberikan Pelatihan Dasar Mengenai Dasar-Dasar Pembuatan Game kepada Siswa Menengah Kejuruan. Workshop Pelatihan Game Construct 3.IPTEK Tahapan pembuatan Game 1.Lakukan Riset & Konseptualisasi Game Anda 2.Membuat Dokumen Desain 3.Menentukan Software 4.Memulai Pemrograman 5.Pengujian Game   6. Pemasaran  Game Dan Iptek yang diberikan berikutnya  1.Membuat game Balloon Shooter  2.Membuat game Space Shooter3. Membuat game Tower Defense.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Saputro, T., Ratu, N., Studi Pendidikan Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2018). Titon Agung Saputro, 2 Kriswandani, 3 Novisita Ratu: Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas Vii PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. In Maret (Vol. 4, Issue JP2M).

D, H. B., P, Y. D., K, Y. E., M, P. W. H. S. T. L., Industri, F., Institut, K., Kalbis, B., Komunikasi, I., Bangsa, T., Setiabudi, J., & Sekolah, T. I. (2020). Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan Workshop Pembuatan Game di SMAK Terang Bangsa Cirebon. 1(2), 45–49.

Fadil Akbar, M., & Sulistiani, H. (2020). GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN LANGKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. 7(2), 275–282. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071671

Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi Interaktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. In Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika (Vol. 5, Issue 1).

Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone (Vol. 8, Issue 2).

Irawan, J. D., Prasetio, S., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2015). Pelatihan Pembuatan Game Menggunakan Greefoot. Industri Inovatif, 5(2), 29–35. http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3427

Juntunen, A., Jalonen, E., & Luukkainen, S. (2013). HTML 5 in mobile devices - Drivers and restraints. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1053–1062. https://doi.org/10.1109/HICSS.2013.253

Kapliński, O., & Tamošaitiene, J. (2010). Game theory applications in construction engineering and management. Ukio Technologinis Ir Ekonominis Vystymas, 16(2), 348–363. https://doi.org/10.3846/tede.2010.22

Agung Saputro, T., Ratu, N., Studi Pendidikan Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2018). Titon Agung Saputro, 2 Kriswandani, 3 Novisita Ratu: Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas Vii PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. In Maret (Vol. 4, Issue JP2M).

D, H. B., P, Y. D., K, Y. E., M, P. W. H. S. T. L., Industri, F., Institut, K., Kalbis, B., Komunikasi, I., Bangsa, T., Setiabudi, J., & Sekolah, T. I. (2020). Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan Workshop Pembuatan Game di SMAK Terang Bangsa Cirebon. 1(2), 45–49.

Fadil Akbar, M., & Sulistiani, H. (2020). GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN LANGKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. 7(2), 275–282. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071671

Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi Interaktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. In Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika (Vol. 5, Issue 1).

Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone (Vol. 8, Issue 2).

Irawan, J. D., Prasetio, S., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2015). Pelatihan Pembuatan Game Menggunakan Greefoot. Industri Inovatif, 5(2), 29–35. http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3427

Juntunen, A., Jalonen, E., & Luukkainen, S. (2013). HTML 5 in mobile devices - Drivers and restraints. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1053–1062. https://doi.org/10.1109/HICSS.2013.253

Kapliński, O., & Tamošaitiene, J. (2010). Game theory applications in construction engineering and management. Ukio Technologinis Ir Ekonominis Vystymas, 16(2), 348–363. https://doi.org/10.3846/tede.2010.22

Ludvyah Ekawati, P., Falani, A. Z., Kom, S., & Kom, M. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAME UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL RAGAM BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID.

Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2021). PKM Peningkatan Kualitias Ajar Guru dan Workshop Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi. Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 132–142.

Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2022). PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN UNITY UNTUK SISWA SMK DI KOTA PEKANBARU. Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 117–127.

Nasution, N., Setiawan, D., & Hasan, M. A. (2021). PKM Sosialasi Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning. In Journal of Computer Science Community Service (Vol. 1, Issue 1).

Nasution, N., Sri Utami Lestari, & Mhd Arief Hasan. (2021). Penerapan Teknologi Otomatisasi dalam Pertanian Agrotech Farm System. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1361–1373. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7752

Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & ... (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada …, 5(3), 724–732. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/333

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro, 19(02).

Ratminingsih, N. M., Budasi, I. G., & Mahayanti, N. W. S. (2016). Pelatihan pembuatan dan penggunaan pembelajaran permainan board games bagi guru-guru sekolah dasar di kabupaten Buleleng. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 7(2), 137–150.

Published
2023-07-06
How to Cite
Nurliana Nasution, Feldiansyah Bakri Nasution, & Hasan, M. A. (2023). PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 UNTUK SISWA SMK N 8 PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 162-172. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13175
Abstract viewed = 113 times
PDF downloaded = 103 times

Most read articles by the same author(s)