PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 UNTUK SISWA SMK N 8 PEKANBARU
Abstract
Game merupakan aktivitas atau olahraga yang biasanya membutuhkan kemampuan, pengetahuan, atau faktor keberuntungan. Dalam permainan, Anda mengikuti aturan yang sudah ditentukan dan berusaha untuk memenangkan lawan atau menyelesaikan teka-teki. Pengembang video game, juga dikenal sebagai pengembang game, bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan video game untuk aplikasi PC, konsol, dan seluler. Game Developer membantu mengubah persepsi game menjadi kenyata an yang dapat dimainkan. Mereka menciptakan fitur yang membuat video game dapat digunakan oleh pengguna. Kebutuhan akan Industri Game di Indonesia mengalami peningkatan dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun sebaliknya berdasarkan data dari gabungan KOMINFO, LIPI, dan AGI (Asiosasi Game Indonesia) kekuatan pasar masih di pengaruhi pihak luar, dimana developer lokal hanya bisa menguasi sekitar 0,4 % nya saja. "Setelah melalui diskusi dengan SMK N 8 Pekanbaru, mereka membutuhkan bantuan dalam hal dasar-dasar pembuatan game. Melalui pengabdian ini, kami akan memberikan pelatihan/workshop kepada siswa untuk membekali mereka dengan keahlian dalam pembuatan game menggunakan Construct 3. Masalah Prioritas Pemenuhan Kebutuhan para Game Developer di Indonesia untuk bisa menguasai pasar di Negeri Sendiri Perlunya peningkatan Skill Anak Sekolah Menengah Kejuruan dengan salah satunya handal dalam pembuatan Game. Solusi Memberikan Pelatihan Dasar Mengenai Dasar-Dasar Pembuatan Game kepada Siswa Menengah Kejuruan. Workshop Pelatihan Game Construct 3.IPTEK Tahapan pembuatan Game 1.Lakukan Riset & Konseptualisasi Game Anda 2.Membuat Dokumen Desain 3.Menentukan Software 4.Memulai Pemrograman 5.Pengujian Game 6. Pemasaran Game Dan Iptek yang diberikan berikutnya 1.Membuat game Balloon Shooter 2.Membuat game Space Shooter3. Membuat game Tower Defense.
Downloads
References
Agung Saputro, T., Ratu, N., Studi Pendidikan Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2018). Titon Agung Saputro, 2 Kriswandani, 3 Novisita Ratu: Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas Vii PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. In Maret (Vol. 4, Issue JP2M).
D, H. B., P, Y. D., K, Y. E., M, P. W. H. S. T. L., Industri, F., Institut, K., Kalbis, B., Komunikasi, I., Bangsa, T., Setiabudi, J., & Sekolah, T. I. (2020). Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan Workshop Pembuatan Game di SMAK Terang Bangsa Cirebon. 1(2), 45–49.
Fadil Akbar, M., & Sulistiani, H. (2020). GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN LANGKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. 7(2), 275–282. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071671
Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi Interaktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. In Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika (Vol. 5, Issue 1).
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone (Vol. 8, Issue 2).
Irawan, J. D., Prasetio, S., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2015). Pelatihan Pembuatan Game Menggunakan Greefoot. Industri Inovatif, 5(2), 29–35. http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3427
Juntunen, A., Jalonen, E., & Luukkainen, S. (2013). HTML 5 in mobile devices - Drivers and restraints. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1053–1062. https://doi.org/10.1109/HICSS.2013.253
Kapliński, O., & Tamošaitiene, J. (2010). Game theory applications in construction engineering and management. Ukio Technologinis Ir Ekonominis Vystymas, 16(2), 348–363. https://doi.org/10.3846/tede.2010.22
Agung Saputro, T., Ratu, N., Studi Pendidikan Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2018). Titon Agung Saputro, 2 Kriswandani, 3 Novisita Ratu: Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas Vii PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. In Maret (Vol. 4, Issue JP2M).
D, H. B., P, Y. D., K, Y. E., M, P. W. H. S. T. L., Industri, F., Institut, K., Kalbis, B., Komunikasi, I., Bangsa, T., Setiabudi, J., & Sekolah, T. I. (2020). Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan Workshop Pembuatan Game di SMAK Terang Bangsa Cirebon. 1(2), 45–49.
Fadil Akbar, M., & Sulistiani, H. (2020). GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN LANGKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. 7(2), 275–282. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071671
Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi Interaktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. In Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika (Vol. 5, Issue 1).
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone (Vol. 8, Issue 2).
Irawan, J. D., Prasetio, S., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2015). Pelatihan Pembuatan Game Menggunakan Greefoot. Industri Inovatif, 5(2), 29–35. http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3427
Juntunen, A., Jalonen, E., & Luukkainen, S. (2013). HTML 5 in mobile devices - Drivers and restraints. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1053–1062. https://doi.org/10.1109/HICSS.2013.253
Kapliński, O., & Tamošaitiene, J. (2010). Game theory applications in construction engineering and management. Ukio Technologinis Ir Ekonominis Vystymas, 16(2), 348–363. https://doi.org/10.3846/tede.2010.22
Ludvyah Ekawati, P., Falani, A. Z., Kom, S., & Kom, M. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAME UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL RAGAM BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID.
Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2021). PKM Peningkatan Kualitias Ajar Guru dan Workshop Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi. Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 132–142.
Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2022). PKM PELATIHAN PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN UNITY UNTUK SISWA SMK DI KOTA PEKANBARU. Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 117–127.
Nasution, N., Setiawan, D., & Hasan, M. A. (2021). PKM Sosialasi Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning. In Journal of Computer Science Community Service (Vol. 1, Issue 1).
Nasution, N., Sri Utami Lestari, & Mhd Arief Hasan. (2021). Penerapan Teknologi Otomatisasi dalam Pertanian Agrotech Farm System. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1361–1373. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7752
Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & ... (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada …, 5(3), 724–732. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/333
Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro, 19(02).
Ratminingsih, N. M., Budasi, I. G., & Mahayanti, N. W. S. (2016). Pelatihan pembuatan dan penggunaan pembelajaran permainan board games bagi guru-guru sekolah dasar di kabupaten Buleleng. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 7(2), 137–150.