PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMAIT ASH – SHIBGOH

  • Sasti Cahyani Khotimah Universitas Pamulang
  • Siti Aisyah Universitas Pamulang
  • Siti Hazna Insyita Sahla Universitas Pamulang
  • Darto Wahidin Universitas Pamulang
Keywords: Berfikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAIT Ash-shibgoh melalui model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah ini diterapan pada siswa SMAIT Ash-shibgoh mata pelajaran PPKn materi Demokrasi Pancasila. Sebelum diberikan perlakuan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 44,118%, setelah diberikan perlakuan pada Siklus I persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 67,647%. Karena pada Siklus I persentase pencapaian KKM belum sesuai dengan persentase yang sudah peneliti tentukan yaitu 80%, maka diadakan Siklus II dan mendapatkan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 82,353%. Karena pada Siklus II persentase siswa yang mencapai KKM sudah sesuai dengan persentase yang ditentukan peneliti, maka sudah tidak diadakan lagi siklus berikutnya. Berdasarkan data-data di atas, telah terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata peningkatan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn dan persentase pencapaian KKM yang sesuai dengan peneliti tentukan antara data sebelum melakukan tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Data tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan berfikir kritis PPKn siswa pada materi pada materi hakikat demokrasi, dinamika penerapan demokrasi di Indonesia dan mebangun kehidupan yang demokratis di Indonesia di kelas XI SMAIT  Ash – Shibgoh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Parman, Rahmawaty. (2013). Penyesuaian Diri Laki-Laki dan Perempuan Dengan Mengendalikan Variabel Sense of Humor. Jurnal Online Psikologi. 01(02). 464 479.

Ardiansyah, Risnita, & M. Syahran Jailani. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Ibrahim, M., Mustanir, A., Astinah Adnan, A., & Alizah P, N. (2020). Pengaruh Manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Desa Bila Riase Kecamatan Pitu Riase Kebupaten Sidenreng Rappang. Movere Journal, 2(2), 56–62. https://doi.org/10.53654/mv.v2i2.118

Salmaa. (2023, July). Angket Penelitian: Prinsip, Jenis, Contoh, Langkah Menyusun. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/angket-penelitian/

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV Alfabeta.

Swarjana, I. K. , & S. M. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian (E. Risanto, Ed.). Andi.

Published
2024-01-20
How to Cite
Sasti Cahyani Khotimah, Siti Aisyah, Siti Hazna Insyita Sahla, & Darto Wahidin. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMAIT ASH – SHIBGOH . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 109-115. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i1.17842
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times