PELATIHAN PEMANFAATAN PICTORY ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI BAHAN PRESENTASI DALAM MENGUBAH TEKS MENJADI VIDEO

  • Sangkot Idris Ritonga Universitas Al Washliyah
  • Sahbuki Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary
  • Samsir Universitas Al Washliyah
  • Misman Universitas Al Washliyah
  • Abdul Hakim Dalimunthe Universitas Al Washliyah
  • Selamat Subagio Universitas Al Washliyah
Keywords: AI, Era Digital, Presentasi, Pembelajaran, Pictory

Abstract

Pemanfaatan media online dalam pembelajaran telah menjadi sangat penting, terutama dengan perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin luas. Media online menyediakan berbagai alat dan platform yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Beraneka macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan media pembelajaran khususnya presentasi terasa mudah dan menyenangkan. Pelatihan pembuatan presentasi dari tulisan diubah menjadi tampilan video ini menggunakan aplikasi yaitu pictory.ai. Metode pada pelatihan ini menggunakan ceramah, pelatihan, simulasi dan pendampingan. Dimana pada aplikasi ini yang berbentuk tulisan dapat secara otomatis dengan pemanfaatan AI bisa menjadi tampilan dalam bentuk video dengan berbagai macam template yang menarik. Hasil dari kegiatan sebelum pelatihan masih banyak yang belum mengetahui dan menggunakan pictory berbasis AI dalam pembuatan media presentasi. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan hasil dari pengabdian ini menambah wawasanan pengetahuan serta keterampilan dosen dan peserta kegiatan dalam membuat presentasi dengan memanfaatkan pictory yang lebih menarik dan mudah untuk digunakan karena penampilan dalam bentuk video serta dapat dimanfaatkan baik online ataupun offline.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, T. A., & Davis, M. L. (2021). The impact of AI-driven video creation tools on educational presentations. International Journal of E-Learning, 9(2), 90-105. https://doi.org/10.5678/ijelearn.2021.789012

Dewi Shinta Wulandari Lubis. (2023). Tantangan Dan Peran Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 6–14. https://lpbe.org/index.php/lpbe/article/view/88/95

Garcia, P., & Martinez, R. (2020). Artificial intelligence in educational technology: A focus on video creation. Educational Media International, 22(3), 150-165. https://doi.org/10.5432/edumediain.2020.654321

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. In Jurnal Sinestesia (Vol. 12, Issue 1). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Hidayanti Ali, A., Dian Agustin, P., Djou, D. N., & Sartika, E. (2024). Creating Learning Media Based On Virtual Assistant Pictory & Fliki AI (Artificial Intelligence) At SMP Negeri 6 Gorontalo City. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v2i1.308

Johnson, R., & Smith, K. (2020). Training on the utilization of Pictory AI for text-to-video conversion in presentations. Journal of Educational Technology, 12(3), 45-60. https://doi.org/10.1234/jedutech.2020.123456

Lee, H. K., & Kim, J. Y. (2022). Integrating Pictory AI into classroom presentations: A training approach. Computers & Education, 34(4), 230-245. https://doi.org/10.2345/comedu.2022.890123

Nelson, M., & Carter, J. (2022). AI in education: From text to engaging video content. International Journal of Educational Technology, 18(3), 120-135. https://doi.org/10.2346/ijedutech.2022.345678

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., Rahmadini, G., Studi, P., & Pendidikan, T. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Jurnal UPI Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

Rizki, A., Ilmi, M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B. S., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar Di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Communnity Development Journal, 5(1), 782–789. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24799

Robinson, E., & Clark, D. (2019). The role of AI in transforming text to video for educational purposes. Technology in Education Review, 28(4), 180-195. https://doi.org/10.8901/techedrev.2019.456012

Sindi Septia Hasnida, R. A. N. A. S. (2024). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(1), 110–116. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/2488

Singh, A., & Patel, N. (2021). Utilizing AI tools for effective text-to-video presentations. Journal of Learning and Technology, 11(2), 77-92. https://doi.org/10.6789/jlearntech.2021.234567

Sunandari, A. S. M. , N. , C. Y. , A. E. (2023). Perkembangan Era Digital terhadap Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 12005–12009. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2161

Williams, S. J., & Thompson, L. (2019). Enhancing presentation skills through AI-based video tools. Journal of Modern Education, 14(1), 110-125. https://doi.org/10.9012/jmodedu.2019.456789

Published
2024-07-01
How to Cite
Ritonga, S. I., Ritonga, S., Samsir, Misman, Dalimunthe, A. H., & Subagio, S. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN PICTORY ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI BAHAN PRESENTASI DALAM MENGUBAH TEKS MENJADI VIDEO. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 116-124. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.20352
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times