PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EDPUZZLE BAGI GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dalam kelas merupakan salah satu masalah yang sering ditemui oleh para pendidik di SMP IT Nurul Muhajirin. Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif dengan aplikasi Edpuzzle bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran dan menerapkannya dalam pembelajaran dikelas. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil akhir dalam pelaksanaan PKM ini adalah pendidik dapat membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi edpuzzle dan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan aplikasi media pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan pada SMP IT Nurul Huhajirin menunjukkan bahwa guru-guru sangat puas dengan kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan tingkat capaian responden mencapai 92,28%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan KPM dapat yang dilaksanakan memberikan manfaat yang lebih besar bagi para guru dan dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Achmad, N., Ganiati, M., & Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 6(2), 46–51.
Adi, N. H., Fernandes, A. L., & Hermansyah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.414
Adi, N. H., Riyanda, A. R., Nadia, H., Maulana, F., Ambiyar, A., Verawardina, U., & Lapisa, R. (2023). Model Pembelajaran Kejuruan. CV Widina Media Utama.
Adi, N. H., Veza, O., Simatupang, W., Irfan, D., Muskhir, M., Riyanda, A. R., & Daphiza, D. (2021). Development of Android-Based Interactive Learning Media on Listening, Imitating, and Reciting Materials for PAUD Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(1), 279–291.
Arfa, A. N., Supriyatin, T., & Kurniawan, M. A. R. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Edpuzzle di SMPN 11 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 1(2), 15–24.
Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. 4(2), 3011–3024.
Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(2), 85–96.
Nengsih, R., Hikmah, R., & Astuti, L. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 381–387.
Nijal, L., Zamzami, & Siswanto, D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU MAN.2 MODEL PEKANBARU. Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 111–119.
Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia P-ISSN, 2655, 6227.
Silverajah, V. S. G., & Govindaraj, A. (2018). The use of Edpuzzle to support low-achiever’s development of self-regulated learning and their learning of chemistry. ACM International Conference Proceeding Series, 259–263. https://doi.org/10.1145/3290511.3290582
Sugestiana, S., & Soebagyo, J. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2637–2646. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2439
Suharsimi, & Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta. In Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa (Vol. 53, Issue 9). PT. Rineka Cipta.
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Zamzami, Siswanto, D., & Nijal, L. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Edpuzzel Dalam Peningkatan Tekhnopreunership Pembelajaran Secara Interaktif Bagi Peserta. Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 72–78.