PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL MELINTING LAMPUNG MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.31849/det9ab41Keywords:
Augmented Reality, Marker Based Tracking, Alat TradisionalAbstract
Alat tradisional Lampung mencerminkan kekayaan budaya dan warisan sejarah provinsi lampung. Mereka tidak hanya memiliki nilai fungsional, tetapi juga memiliki makna simbolis dan estetika yang dalam, serta menjadi bagian penting dari identitas dan kehidupan masyarakat Lampung. Alat musik adalah instrumen atau alat yang sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik.. Tidak adanya media pembelajaran berbasis android adalah masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Dalam Penelitian ini menerapkan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah metode yang paling sesuai untuk digunakan dalam desain dan pengembangan aplikasi media yang menggabungkan gambar, suara, animasi, dan media lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah marker-based tracking, Aplikasi media pengenalan yang menggunakan Alat Tradisional dengan Augmented Reality (3D) adalah hasil dari penelitian ini. Selain itu, menurut hasil survei, yang diperoleh 88,36% yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Media Pengenalan Alat Musik Tradisional menggunakan Augmented Reality Berbasis Android ini bisa mendukung Pengenalan Alat Musik Tradisional dengan lebih baik.
References
Abdulghani, T., & Sati, B. P. (2019). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. Media Jurnal Informatika, 11(1). http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika
Aini, I. N. Q., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 178. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1875
Dwi Putra, A., Ridho, M., Susanto, D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(2), 32–34. https://ejournal.techcart-press.com/index.php/chain/article/view/29
Pratama, J., & Kom, S. (2021). Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android. Journal of Information System and Technology, 02(03), 38–49.
Rianto, N., Sucipto, A., & Dedi Gunawan, R. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 64–72. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Yusuf, wiguna R. D. (2019). Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 3(1), 396–402.
Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,” J. Comput. Sci. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 90–115, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.
H. Hermayanti, M. Khairani, and ..., “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada SD Al-Mukhlisin Berbasis Android,” Guru Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 567–582, 2023, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/7164/3567
Y. A. Mulyana, I. R. Setiawan, and L. Lelah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Augmented Reality Mengenal Alat Musik Degung,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 342–353, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i2.2699.


